Tarigan, Noviani (2018) Identifikasi Perilaku Tidak Disiplin Siswa dalam Melaksanakan Tata Tertib Sekolah di SMP N 1 Muaro Jambi. Jurnal. (Unpublished)
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (96kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (373kB) |
|
Text
DAFTAR ISi rtf.pdf Download (103kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (182kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Identifikasi Perilaku Tidak Disiplin Siswa Dalam Melaksanakan Tata Tertib Sekolah Di SMP N 1 Muaro Jambi Penulis : Noviani Tarigan NIM : RRA1E114030 Dosen Pembimbing : Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd Salah satu tujuan pendidikan adalah meningkatkan dan mengembangkan tanggung jawab moral siswa, berupa kemampuan untuk membedakan yang benar dan yang salah, dengan spirit atau keyakinan untuk memilih dan menegakkannya. Tanggung jawab moral siswa antara lain adalah menaati peraturan dan tata tertib yang telah ditetapkan oleh sekolah. Masalah kedisiplinan siswa menjadi sangat berarti bagi kemajuan sekolah, di sekolah yang tertib akan menciptakan proses belajar yang baik. Sebaliknya pada sekolah yang tidak tertib kondisinya akan jauh berbeda. Tujuan penelitian ini adalah menggungkapkan tingkat prilaku tidak disiplin siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah di SMP N 1 Muaro Jambi yang berkaitan pada pelenggaran tata tertib, terlambat datang ke sekolah, tidak menggunakan atribut dengan lengkap, pergi meninggalkan kelas sebelum proses belajar mengajar selesai dan tidak hadir tanpa keterangan. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 63 siswa, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket tertutup dengan dua alternatif jawaban Ya dan Tidak. Tehnik analisa data yang digunakan untuk mengolah hasil angket yaitu menggunakan perhitungan persentase tentang identifikasi perilaku tidak disiplin siswa dalam melaksanakan tata tertib di SMP N 1 Muaro Jambi. Dari ke 4 (empat) indikator tersebut, setelah dianalisa berdasarkan data-data dapat disimpulkan bahwa identifikasi perilaku tidak disiplin siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah di SMP N 1 Muaro Jambi pada indikator (1) terlambat datang ke sekolah bobot berada pada tingkat tinggi (71,6%), indikator (2) tidak menggunaka atribut dengan lengkap prolehan bobot berada pada tingkat tinggi (67,4%), indikator (3) perilaku meninggalkan kelas sebelum proses belajar mengajar selesai prolehan bobot (59,8%) berada pada tingkat sedang, indikator (4) tidak hadir tanpa keterangan dengan prolehan bobot berada pada tingkat sedang (58,2%). Untuk itu hendaknya ada kerjasama antara orangtua, guru, dan sekolah dalam mencari solusi guna mengatasi perilaku kurang disiplinnya siswa, agar kedepannya ketertiban siswa menjadi lebih baik lagi. Kata Kunci : Perilaku Tidak Disiplin Siswa
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NOVIANI TARIGAN |
Date Deposited: | 16 Jan 2019 07:42 |
Last Modified: | 16 Jan 2019 07:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6547 |
Actions (login required)
View Item |