SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Yanta Krisna, Alwandi (2024) SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)

Abstract

Abtrak Krisna, Alwandi Yanta (2024) Sytematic Literature Review (SLR): Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas jambi Pembimbing (1) Prof. Urip Sulistiyo, S.Pd., M.Ed., Ph.D., Pembimbing (2) Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum Kata Kunci : Berpikir Kritis, Bahasa Indonesia, Systematic Literature Review Tujuan penelitian ini adalah untuk berkontribusi pada pengetahuan yang komperhensif untuk mengajar dan mempromosikan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian menggunakan Systematic Literature Review (SLR) yang merupakan kajian literatur metaanalisis dengan mengumpulkan semua bukti empiris yang sesuai dengan kriteria kelayakan (eligibility criteria) yang telah ditentukan sebelumnya untuk menjawab pertanyaan penelitian terkait dengan berpikir kritis dalam pembelajaran bahasa indonesia. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan Pendekatan Mix Method merupakan suatu proses pengumpulan, analisis, dan penggabungan hasil penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam suatu penelitian utuh. Serta pengolahan data pada hasil penelitian ini akan dilakukan dengan diagram PRISMA. Dengan demikian Teknik analisis data kualitatif bersifat deskriptif dan kuantitatif menggunakan excel yang berupa statistik angka. Hasil penelitian menemukan 19 artikel yang diperoleh dari Portal Garuda dan 53 artikel di peroleh dari Google scholar. Terdapat tren penelitian terkait berpikir kritis dalam pembelajaran bahasa indonesia, ditunjukan Publikasi artikel paling produktif pada tahun 2022 dan 2023, sebaran kata kunci “berpikir kritis” dan “pembelajaran bahasa indonesia” belum sepenuhnya dilakukan penelitian, Subjek penelitian yang dominan siswa Sekolah Dasar (SD), dikuti dengan siswa , dengan metode penelitian digunakan dominan kualitatif. Kemudian berbagai literture metaanalisis terdapat hasil penelitian mengenai wujud berpikir kritis dalam tingkatan dari mulai SD, SMP, dan SMA yang berada dalam pembelajaran bahasa Indonesia. banyak ditemukan keterampilan berpikir kritis yang terletak dalam rencana, proses, dan evaluasi pembelajaran bahasa indonesia yang menjadi peran guru dalam pelaksanakan pembelajaran bahasa indonesia. Dalam hal ini tentu penelitian ini memiliki kebaruan dan pendalaman mengenai berpikir kritis dalam pembelajaran bahasa indonesia yang lebih kompleks sebagai sumber rujukan dan perkembangan pembelajaran yang berorientasi dengan abad 21 dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Bahasa Indonesia, Systematic Literature Review
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Alwandi Yanta Krisna
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:36
Last Modified: 19 Jun 2024 03:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65470

Actions (login required)

View Item View Item