Santoso, Hilmy (2024) Pengembangan Media Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (609kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (528kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (533kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan pembelajaran sejarah, pembelajaran sejarah merupakan berlansungnya proses belajar mengajar yang menceritakan kejadian masa lampau dengan menurut susunan waktu yang mempunyai dampak lebih baik bagi kehidupan manusia. Pembelajaran sejarah yang biasanya menggunakan metode ceramah, seringkali membuat para siswa kehilangan daya tarik dan motivasinya dalam belajar sejarah. untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah tersebut, perlu dilakukannya sebuah proses perubahan sistem pembelajaran, hal tersebut dapat memberikan peningkatan motivasi belajar siswa ketika pembelajaran sejarah secara metode diberlakukannya sesuai dengan pengaplikasian sebuah media pada suatu proses pembelajaran. Dengan hal tersebut bisa digunakan untuk menumbuhkan kemampuan siswa dalam memahami konsep melalui media pembelajaran sejarah yang menarik di sekolah. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menghasilkan media animasi berbasis Sparkol Videoscribe untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa Kelas XI SMA 2 Kota Jambi, 2) Untuk mengetahui efektivitas produk media animasi berbasis Sparkol Videoscribe yang telah dikembangkan terhadap motivasi belajar sejarah siswa Kelas XI SMA 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan: Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil penelitian pengembangan ini disesuaikan dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana prosedur pengembangan media animasi berbasisis Sparkol Videoscribe untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa Kelas XI SMA 2 Kota Jambi, 2) bagaimana efektivitas produk. Yaitu dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi dan ahli media, skor total dari ahli materi adalah 81% (sangat layak). Pada ahli media terdapat hasil skor 84% (sangat layak) sehingga dari hasil skor total dari ahli materi dan ahli media dinyatakan sangat layak digunakan, selanjutnya di uji coba kepada siswa. Hasil skor yang diperoleh dari respon siswa mengenai media adalah 83% (sangat baik). Hasil perhitungan data menggunakan SPSS V.26 dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan hasil sig 2-tailed pada hasil uji efektivitas 0,001< 0,05. Artinya media ini efektiv digunakan serta dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa This research is motivated by the problem of history learning, history learning is the ongoing teaching and learning process that tells the story of past events according to the order of time which has a better impact on human life. History learning, which usually uses the lecture method, often makes students lose their interest and motivation in learning history. To increase motivation to learn history, it is necessary to carry out a process of changing the learning system, this can provide increased student learning motivation when methodical history learning is implemented in accordance with the application of media in a learning process. This can be used to grow students' ability to understand concepts through interesting historical learning media at school. This research aims: 1) To produce Sparkol Videoscribe-based animation media to increase the history learning motivation of Class Jambi. This research is a Research and Development (R&D) research using the ADDIE model with stages: Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. The results of this development research are adapted to the problem formulation: 1) What is the procedure for developing animation media based on Sparkol Videoscribe to increase the motivation to learn history for Class XI students at SMA 2 Jambi City, 2) what is the effectiveness of the product. That is, it can be seen from the validation results of material experts and media experts, the total score from material experts is 81% (very decent). For media experts there was a score of 84% (very feasible) so that from the total score results from material experts and media experts it was declared very suitable for use, then it was tested on students. The score obtained from student responses regarding the media was 83% (very good). The results of data calculations using SPSS V.26 in this study show that the 2-tailed sig results in the effectiveness test results were 0.001 < 0.05. This means that this media is used effectively and can increase students' motivation to learn history
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Sejarah, Motivasi Belajar Sejarah Siswa, Sparkol Videoscribe History Learning, Motivation for Students' History Learning, Sparkol Videoscribe |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | SANTOSO |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 03:56 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 03:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |