ANESTIA, RIZA KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2018/2019. JURNAL KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2018/2019.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (54kB) |
|
![]()
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (331kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (160kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (85kB) |
Abstract
ABSTRAK Anestia, Riza. 2018. Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi Jurusan Pendidkan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Drs. Ade Kusmana, M.Hum (II) Drs. Andiopenta P., M.Hum. Kata Kunci : Kemampuan, menulis, laporan, observasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi tahun ajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 28 siswa. Instrumendalam penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja yang berupa tes menulis teks laporan hasil observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitianini menggunakan statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas VII C Muhammadiyah 1 Kota Jambi masih banyak yang tidak mampu menulis teks laporan hasil observasi dengan menerapkan aspek latar belakang, tujuan observasi, ruang lingkup observasi, jenis observasi, tempat dan waktu observasi, persiapan dan perencanaan observasi, hasil observasi dan penutup observasi. Hal ini terjadi karenan siswa kurang pemahaman tentang materi teks laporan hasil observasi. Pada saat proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode konvensional saat mengajar. Selain itu, guru hanya menggunakan metode tanya jawab. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi berada pada kriteria cukup mampu dengan nilai 65,33. Hal tersebut tergambar dari kemampuan siswa dalam menerapkan latar belakang memperoleh nilai rata-rata 1,89 dengan persentase 63%, dalam menerapkan tujuan observasi memperoleh nilai rata-rata 1,86 dengan persentase 62%, dalam menerapkan ruang lingkup memperoleh nilai rata-rata 1,75 dengan persentase 58,33%, dalam menerapkan jenis observasi memperoleh nilai rata-rata 2,76 dengan persentase 92%, dalam menerapkan tempat dan waktu observasi memperoleh nilai rata-rata 1,89 dengan persentase 63%, dalam menerapkan persiapan dan perencanaan observasi memperoleh nilai rata-rata 1,86 dengan persentase 62%, dalam menerapka hasil observasi memperoleh nilai rata-rata 2,50 dengan persentase 83,33%, dan dalam menerapkan penutup memperoleh nilai rata-rata 1,18 dengan persentase 39,33%. Dari hasil penelitian ini disarankan agar siswa dapat meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Tetapi untuk aspek latar belakang, tujuan observasi, ruang lingkup, persiapan dan perencaanaan serta penutup observasi diharapkan kepada guru untuk lebih intensif dalam mengajarkan. KATA PENGANTAR
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RIZA ANESTIA |
Date Deposited: | 14 Jan 2019 07:09 |
Last Modified: | 14 Jan 2019 07:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |