Rohim, M. Agus Muhtadi (2023) Pengaruh Penerapan pembelajaran Berdiferensiasi berdasarkan Kesiapan Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Teorema Phytagoras di Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
A1C220007_M. Agus Muhtadi Rohim_Skripsiii.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
![]() |
Text
COVER (1).pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (633kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (705kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) |
Abstract
Rohim, M. Agus Muhtadi. 2024. Pengaruh Penerapan pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Kesiapan Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Teorema Phytagoras Kelas VIII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Roseli Theis, M.S., (II) Khairul Anwar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kesiapan Belajar Siswa, Problem Based Learning Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMPN 11 Kota Jambi serta model pembelajaran yang digunakan belum sepenuhnya berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk meihat pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kesiapan belajar siswa dengan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dikelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMPN 11 Kota Jambi dengan menggunakan Posttest Only Control Group Design dan sampel terdiri dari 2 kelas yang dipilih secara acak dengan teknik pengambilan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa selama pembelajaran dan posttest berupa lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor posttest kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas kontrol. Pada kelas eksperimen didapatkan nilai rata-ratanya yaitu 83,61 dan pada kelas kontrol yaitu 76,22. Selain itu hasil dari uji-t dengan sampel independen diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga dapat dikatakan penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kesiapan belajar siswa dengan model problem based learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi teorema phytagoras kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kesiapan Belajar Siswa, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rohim |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 04:28 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 04:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |