PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Oktaviany, Natasha (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (801kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media video animasi pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 14/I Sungai Baung. Penelitian ini dilakukan di SDN 14/I Sungai Baung, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari pada kelas IV. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi dan wawancara. Setelah itu data di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media video animasi pada pembelajaran matematika mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan tiap siswa mengalami peningkatan motivasi belajar dengan memperhatikan indikator motivasi belajar dalam kegiatan pembelajaran yang dapat terlihat pada setiap siklus pertemuan. Hasil dari penelitian pada siklus I pertemuan pertama memperoleh persentase sebesar 57,6% dengan kategori “Rendah”, sedangkan pada siklus I pertemuan kedua diperoleh persentase sebesar 66,1% dengan kategori “Sedang” dengan peningkatan sebanyak 8,5%. Pada siklus II pertemuan pertama diperoleh persentase sebesar 72,3% dengan kategori “Tinggi” dimana terjadi peningkatan sebanyak 6,2%, dan untuk siklus II pertemuan kedua diperoleh persentase sebesar 78,8% berada pada kategori “Tinggi” dengan peningkatan sebesar 6,5%. Hasil penelitian pada siklus II pertemuan kedua telah mencapai persentase pemerolehan indikator keberhasilan, yaitu 70% dengan selisih dari siklus I ke siklus II sebesar 21,2%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media video animasi pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 14/I Sungai Baung. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan tiap indikator motivasi belajar pada tiap siklus pertemuannya. This research aims to describe the application of the scramble type cooperative learning model assisted by animated video media in mathematics learning to increase the learning motivation of class IV students at SDN 14/I Sungai Baung. This research was conducted at SDN 14/I Sungai Baung, Muara Bulian District, Batang Hari Regency in class IV. The form of this research is classroom action research. This research data was obtained by observation and interviews. After that the data was analyzed qualitatively and quantitatively. This research was carried out in two cycles, with four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. Based on research results, after implementing the scramble type cooperative learning model assisted by animated video media in mathematics learning, it was able to increase students' learning motivation. This is because each student experiences increased learning motivation by paying attention to the indicators of learning motivation in learning activities which can be seen in each meeting cycle. The results of the research in the first cycle of the first meeting obtained a percentage of 57.6% in the "Low" category, while in the first cycle of the second meeting the percentage was 66.1% in the "Medium" category with an increase of 8.5%. In cycle II of the first meeting, the percentage obtained was 72.3% in the "High" category, where there was an increase of 6.2%, and for cycle II of the second meeting, the percentage was obtained at 78.8% in the "High" category with an increase of 6. 5%. The results of the research in cycle II of the second meeting had achieved a percentage of success indicators obtained, namely 70% with a difference from cycle I to cycle II of 21.2%. From the results of this research it can be concluded that the application of the scramble type cooperative learning model assisted by animated video media in mathematics learning can increase the learning motivation of class IV students at SDN 14/I Sungai Baung. This is proven by the increase in each indicator of learning motivation in each meeting cycle.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Pembelajaran Matematika, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: OKTAVIANY
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:11
Last Modified: 24 Jun 2024 07:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65568

Actions (login required)

View Item View Item