HALIMAH, SITI PENYESUAIAN DIRI SISWA YANG TERISOLIR DALAM BERMAIN DI SMP NEGERI 25 KOTA JAMBI. Skripsi.
Text
SKRIPSI COVER-converted.pdf Download (17kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan Ujian Skripsi.pdf Download (373kB) |
|
Text
DAFTAR ISI -converted.pdf Download (47kB) |
|
Text
NEW REVISI BAB I-converted.pdf Download (182kB) |
|
Text
NEW REVISI BAB V.pdf Download (266kB) |
Abstract
ABSTRAK Halimah Siti, 2018 Penyesuaian Diri Siswa yang Terisolir Dalam Bermain di SMPN 25 Kota Jambi. Dosen Pembimbing (1) Drs. Suparjo Herlambang, M.Pd (2) Drs. Rasimin, M.Pd. Di dalam lingkungan sekolah siswa tidak terlepas dari pergaulan. Siswa di tuntut agar dapat bergaul dimanapun ia berada baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Namun ada beberapa siswa yang mengalami permasalahan dalam bergaul salah satunya siswa yang terisolir. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat penyesuaian diri siswa yang terisolir. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif yaitu jenis penelitian yang berusaha untuk menggambarkan lapangan sebagaimana adanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penyesuaian diri siswa yang terisolir dalam bermain di SMPN 25 Kota Jambi baik berdasarkan tingkat penyesuaian diri secara keseluruhan maupun berdasarkan 4 aspek yaitu aspek kematangan emosional, aspek kematangan intelektual, aspek kematangan sosial, dan aspek tanggung jawab. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 112 orang siswa kelas VII SMPN 25 Kota Jambi. Dalam penelitian ini menggunakan instrument angket tertutup dengan option jawaban yaitu “Ya” dan “Tidak”. Simpulan dari penelitian ini terlihat bahwa tingkat penyesuaian diri siswa yang terisolir “tinggi” dengan persentase rata-rata (71.38%). Dan dilihat pada masing-masing aspek yaitu aspek kematangan emosional berada pada tingkat “tinggi” dengan persentase rata-rata (67.60%), aspek kematangan intelektual berada pada tingkat “tinggi” dengan persentase rata-rata (67.07%), pada aspek kematangan sosial berada pada tingkat “tinggi” dengan persentase rata-rata (67.33%), serta pada aspek tanggung jawab berada pada tingkat “tinggi” dengan persentase rata-rata (75.80%). Artinya, siswa yang terisolir memiliki penyesuaian diri yang baik. Kata Kunci : Penyesuaian Diri, Siswa Terisolir
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | SITI HALIMAH |
Date Deposited: | 16 Jan 2019 07:36 |
Last Modified: | 16 Jan 2019 07:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6560 |
Actions (login required)
View Item |