M.Wahyu Abadi, Wahyu (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Dengan Modifikasi Permainan Lompat Pada Siswa Kelas X E2 SMA Negeri 11 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas jambi.
![]() |
Text
judul.pdf - Published Version Download (55kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (66kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (92kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (11kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN (2).pdf - Published Version Download (118kB) |
![]() |
Text
skripsi full 1.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
M.Wahyu Abadi, 2024. “Upaya Meningkakan Hasil Belajar Lompat Jauh Dengan Modifikasi Permainan Lompat Pada Kelas X E2 SMA Negeri 11 Muaro Jambi”, Program Studi Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing 1 Dr. Wawan Junresti Daya, S,Si., M.Pd. Pembimbing 2 Ely Yuliawan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Modifikasi permainan lompat , hasil lompat jauh dan Atletik Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh yang dilakukan siswa kelas X E2 SMA Negeri 11 Muaro Jambi Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi Tahun Ajaran 2023/2024. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran. Adapun latar belakang permasalahan pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah dibuktikan pada nilai terori dan praktik, hal tersebut diakibatkan karna pembelajaran yang monoton akibatnya siswa menjadi kurang berantusias kurang aktif dalam pembelajaran namun dengan modifikasi permainan lompat katak hasil belajar siswa menjadi meningkat. Untuk memperoleh data dilakukan tes hasil belajar 1 dan 2, pada hasil tes 1 setelah diberi tindakan diperoleh 18 siswa yang mencapai nilai ketuntasan sedangkan 12 siswa belum mencapai nilai ketuntasan pada siklus 1 memperoleh data 5 sampai 11 dengan nilai 41 sampai 92 dengan skor rata-rata 83,36 dan 69,36 dengan tingkat ketuntasan belajar klasikal 60%, adapun faktor yang mempengaruhi siswa yang belum mencapai nilai klasikal adalah kurangnya keantusiasan dan ke aktif siswa sehingga siswa tidak paham terhadap materi lompat jauh yang disampaikan. Setelah dilanjutkan tes hasil belajar 2 pada siklus 2 dengan 1 kali pertemuan mendapat perolehan 27 siswa yang mencapai ketuntasan dalam tes hasil belajar sedangkan 3 orang belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar, adapun siswa yang belum tuntas karna keterbatasan waktu dalam penelitian dan akan dilanjutkan oleh guru Penjaskes untuk mencapai kriteria ketuntasan belajar, pada siklus 2 mendapatkan perolehan nilai dengan rentang 6 sampai 12 dengan nilai 50 dan 100 dengan perolehan skor rata-rata 9,66 dan nilai rata-rata 80,46 kemudian ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 90%, bisa terlihat terdapat peningkatan di dalam siklus 1 ke 2 dengan peningkatan di dalam tes hasil belajar 11,1. dengan ketuntasan peningkatan klasikal 30%, dapat disimpulkan bahwa modifikasi permainan lompat katak dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh siswa kelas X E2 SMA Negeri 11 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2023/2024.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modifikasi permainan lompat , hasil lompat jauh dan Atletik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan |
Depositing User: | Abadi |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 07:41 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 07:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65666 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |