Simbolon, Rahel Margareth (2024) Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik dalam Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Negeri 17 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
Rahel Margareth Simbolon A1C220056 Draft Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
Text
cover.pdf Download (50kB) |
|
Text
halaman persetujuan dan pengesahan .pdf Download (645kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (40kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (318kB) |
|
Text
bab 5.pdf Download (50kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (184kB) |
Abstract
Simbolon, Rahel Margareth. 2024. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik dalam Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Negeri 17 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Nizlel Huda, M.Kes. (II) Ade Kumalasari, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Visual, Auditori, Kinestetik, Pemecahan Masalah Kemajuan peradaban dunia mengharuskan terjadinya juga kemajuan pada bidang Pendidikan. Demi mencapai kemajuan Pendidikan tersebut diperlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dibahas pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis matematis. Kemampuan berpikir kritis ini dapat dilihat berdasarkan bagaimana siswa dapat melakukan pemecahan masalah matematika yang diberikan. Kemampuan berpikir kritis matematis dalam pemecahan masalah dapat dipengaruhi melalui gaya belajar yang dimiliki masing-masing siswa. Salah satu gaya belajar yang dibahas dalam penelitian ini adalah gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi berdasarkan gaya belajar siswa dalam pemecahan masalah sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik, soal tes kemampuan berpikir kritis matematis, dan pedoman wawancara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian ini terdiri dari 2 subjek untuk masing-masing gaya belajar yang kemudian diberikan soal tes kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah dengan menggunakan sistem think aloud, dan dilanjutkan dengan wawancara untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis matematis dalam pemecahan masalah lebih dalam dan rinci. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya keberagaman kemampuan berpikir kritis matematis dalam pemecahan masalah yang dimiliki oleh keenam subjek dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual cenderung mampu menunjukkan kemampuan tinggi dalam klarifikasi dan interpretasi, siswa dengan gaya belajar auditori lebih baik dalam merencanakan dan memeriksa kembali sementara kurang dalam mengklarifikasi. Sementara siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan yang seimbang dalam semua indikator kemampuan berpikir kritis namun tidak ada indikator yang dominan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Visual, Auditori, Kinestetik, Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SIMBOLON |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 03:19 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 03:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65708 |
Actions (login required)
View Item |