Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Berdifferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik) pada Materi Kesebangunan Kelas VII SMP

Fitriani, Desy (2024) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Berdifferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik) pada Materi Kesebangunan Kelas VII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis menjadi aspek kunci dalam pembelajaran matematika yang efektif. Namun, tantangan muncul ketika siswa memiliki gaya belajar yang beragam. Oleh karena itu, pembelajaran berdiferensiasi menjadi solusi penting untuk memenuhi kebutuhan belajar yang unik dari setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya berlajar VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik) pada materi kesebangunan kelas VII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, lembar tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik mampu menuliskan informasi dari soal, dan menggambarkan bangun yang sesuai dengan permasalahan soal. Akan tetapi dalam menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal dengan terorganisasi dan terstruktur, siswa dengan gaya belajar auditori dan kinestetik belum mampu memenuhinya.Selain itu siswa dengan gaya belajar kinestetik juga belum mampu mengevaluasi ide-ide matematis tertulis dengan terorganisasi dan terstruktur.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FITRIANI
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:38
Last Modified: 27 Jun 2024 06:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65774

Actions (login required)

View Item View Item