Tinus, Hardian (2024) Pengembangan E-Penuntun Praktikum Fisika Modern Pada materi Difraksi Iris Melingkar Untuk Menghitung Panjang Gelombang LaserHe-Ne Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional. ORBITA jurnal pendidikan dan ilmu fisika, 10 (1). ISSN 2614-7017
|
Text
HALAMAN persetujuan, pengesahan dan pernyataan.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
SKRIPSI__HARDIANTINUS.SITINJAK_JUNI TERBARU-1-162-112-117 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (300kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (126kB) |
|
|
Text
SKRIPSI__HARDIANTINUS.SITINJAK_JUNI TERBARU-1-162-1-13.pdf Download (202kB) |
|
|
Text
SKRIPSI__HARDIANTINUS.SITINJAK_JUNI TERBARU-1-162.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
SKRIPSI__HARDIANTINUS.SITINJAK_JUNI TERBARU-1-162-1-13 (1)-1-2.pdf Download (39kB) |
|
|
Text
SKRIPSI__HARDIANTINUS.SITINJAK_JUNI TERBARU-1-162-1-13 (1)-6.pdf Download (16kB) |
Abstract
Fisika merupakan ilmu yang erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Jika fisika diwujudkan sebagai sebuah pencapaian teknologi, maka akan bermanfaat bagi umat manusia. Fisika memerlukan metode pembelajaran eksperimental atau empiris. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang bervariasi untuk menunjang penguasaan konten pembelajaran mahasiswa. Panduan praktikum merupakan cara yang tepat untuk mewujudkan materi, dan panduan praktikum merupakan media penting yang sangat diperlukan dalam kegiatan praktikum. Penggunaan panduan praktikum dalam bentuk cetakan kertas kurang efektif dan efisien. Untuk memudahkan hal tersebut dapat digunakan media yang menunjang proses pembelajaran seperti dalam pembelajaran fisika modern perlu diberikan pedoman praktikum dalam format digital. Penelitian ini bertujuan untuk merancang serta untuk mengetahui kelayakan dan persepsi mahasiswa terhadap pengembangan penuntun praktikum fisika modern pada materi difraksi iris melingkar dalam menghitung panjang gelombang laser He-Ne menggunakan aplikasi Flip PDF Professional. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan penelitian R&D dengan model pengembangan Four-D Model (4D) yang dilakukan melalui 4 tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Pada penelitian ini, produk yang dihasilkan adalah penuntun praktikum pada materi difraksi iris melingkar menggunakan laser He-Ne untuk menghitung panjang gelombang yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep fisika modern untuk mahasiswa. Physics is a science that is closely related to human life. If physics is realized as a technological achievement, it will be beneficial for humanity. Physics requires experimental or empirical learning methods. Therefore, a variety of learning media is needed to support students' mastery of learning content. A practicum guide is the right way to realize the material, and a practicum guide is an important medium that is very necessary in practicum activities. The use of practical guides in printed paper form is less effective and efficient. To make this easier, media can be used to support the learning process, such as in modern physics learning, practical guidelines need to be provided in digital format. This research aims to design and determine the feasibility and perceptions of students regarding the development of a modern physics practical guide on circular iris diffraction material in calculating He-Ne laser wavelengths using the Flip PDF Professional application. This research uses R&D research development procedures with the Four-D Model (4D) development model which is carried out through 4 stages, namely defining, designing, developing and disseminating. In this research, the product produced is a practical guide on circular iris diffraction material using a He-Ne laser to calculate wavelengths which is expected to increase interest in learning and understanding of modern physics concepts for students.
| Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | E-Penuntun, Praktikum, Fisika Modern, Difraksi Iris Melingkar. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
| Depositing User: | Sitinjak |
| Date Deposited: | 27 Jun 2024 07:37 |
| Last Modified: | 27 Jun 2024 07:37 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
