Implementasi E-LKPD Interaktif Terintegrasi STEM Materi GLB Dan GLBB Terhadap Pemahaman Konsep Siswa di SMAN 2 Sungai Penuh

Susma, Yola Kartika (2024) Implementasi E-LKPD Interaktif Terintegrasi STEM Materi GLB Dan GLBB Terhadap Pemahaman Konsep Siswa di SMAN 2 Sungai Penuh. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. Skripsi Full Teks_Yola Kartika Susma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Cover_Yola Kartika Susma.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan_Yola Kartika Susma.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak_Yola Kartika Susma.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB 1_Yola Kartika Susma.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB 5_Yola Kartika Susma.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Yola Kartika Susma.pdf

Download (170kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini didasari oleh berbagai permasalahan dalam pembelajaran fisika di sekolah salah satunya masih rendahnya tingkat pemahaman konsep siswa. Dengan di implementasikannya E-LKPD ini sebagai media pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep siswa pada materi gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan setelah diimplementasikan E-LKPD interaktif terintegrasi STEM. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Sungai Penuh dengan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang menggunakan desain one group pretest-posttest. Data penelitian dikumpulkan melalui pre-test dan post-test menggunakan instrumen tes yang disusun sesuai indikator pemahaman konsep. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Hasil penelitian yang di dapat yaitu pemahaman konsep siswa meningkat setelah di implementasikan E-LKPD interaktif terintegrasi STEM materi pemahaman konsep siswa meningkat setelah di implementasikan E-LKPD interaktif terintegrasi STEM materi GLB dan GLBB. Diketahui nilai rata-rata pada nilai pre-test siswa adalah sebesar 9,25 dan untuk nilai rata-rata pada nilai post-test siswa adalah sebesar 11,94. Hasil dari uji Wilcoxon akan menghasilkan nilai (Asymp. Sig. 2-tailed). Jika nilai Asymp. Sig. 2-tailed kurang dari tingkat signifikansi yaitu sebesar 0,05. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu E-LKPD interaktif terintegrasi STEM dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa pada materi gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan di kelas XI MIPA 2 SMAN 2 Sungai Penuh.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, E-LKPD STEM, Gerak Lurus, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: SUSMA
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:33
Last Modified: 01 Jul 2024 08:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65811

Actions (login required)

View Item View Item