Penerapan Model Discovery Learning pada Keterampilan Menulis Teks Prosedur di Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Pematangsiantar Tahun Ajaran 2023/2024

Manalu, Monika Krisdianti (2024) Penerapan Model Discovery Learning pada Keterampilan Menulis Teks Prosedur di Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Pematangsiantar Tahun Ajaran 2023/2024. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (371kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (73kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Discovery learning adalah kegiatan pembelajaran yang menuntut siswanya menemukan konsep melalui serangkaian data atau informasi. Sesuai dengan kurikulum 2013 pembelajaran tidak lagi berpusat pada siswa melainkan lebih bersifat interaktif. Salah satu aspek berbahasa ialah menulis, dimana siswa dituntut menghasilkan suatu karya tulisan termasuk menulis teks prosedur. Model discovery learning akan diterapkan oleh guru bahasa Indonesia dengan KD 3.5 teks prosedur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alami (natural setting). Dengan kata lain penelitian ini menggunakan bukti yang nyata dan benar-benar dijumpai dilapangan. Dilihat dari proses pembelajaran tersebut, kegiatan siswa akan mendapatkan warna baru, tidak hanya itu kelas pembelajaran yang telah diterapkan oleh guru ini menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Model discovery learning ini berhasil diterapkan oleh guru di kelas VII 11, hal ini telah terbukti di kelas VII 11, bahwasanya mengidentifikasi teks prosedur sesuai dengan model pembelajaran discovery learning. Aspek perencanaan, sudah memenuhi persyaratan saintifik, sesuai RPP guru dan sintak aspek pelaksanaan, menggunakan model discovery learning pada materi teks prosedur di kelas VII 11 SMP Negeri 2 Kota Pematangsiantar, siswa diberikan kesempatan untuk berpikir, menemukan, berpendapat dan saling bekerja sama melalui aktivitas pembelajaran yang dituntun oleh guru. Aspek evaluasi, menggunakan dua proses, yaitu mengamati keaktifan siswa dan penugasan atau praktik. Discovery learning is a learning activity that requires students to discover concepts through a series of data or information. In accordance with the 2013 curriculum, learning is no longer student-centered but is more interactive. One aspect of language is writing, where students are required to produce written work, including writing procedural texts. The discovery learning model will be applied by Indonesian language teachers with KD 3.5 procedural texts. This research uses a qualitative approach with a descriptive type. Qualitative research methods are often called naturalistic research methods because the research is carried out in natural conditions (natural settings). In other words, this research uses real evidence that can actually be found in the field. Judging from the learning process, student activities will take on a new color, not only that, the learning class that has been implemented by this teacher uses a learning model that is in accordance with the 2013 curriculum. This discovery learning model has been successfully implemented by teachers in class VII 11, this has been proven in class VII 11, that identifying procedural texts is in accordance with the discovery learning learning model. The planning aspect, has met scientific requirements, according to the teacher's RPP and the syntax of the implementation aspect, using the discovery learning model in procedure text material in class VII 11 of SMP Negeri 2 Pematangsiantar City, students are given the opportunity to think, discover, argue and collaborate with each other through learning activities guided by the teacher. The evaluation aspect uses two processes, namely observing student activity and assignments or practice.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penerapan,Model Dicovery Learning,Materi Teks Prosedur
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Sinaga
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:02
Last Modified: 28 Jun 2024 08:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65852

Actions (login required)

View Item View Item