Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar

Afsan, Mhd. Febri (2024) Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL MHD. FEBRI AFSAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (9kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Lembar Pengesahan.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan aplikasi Wordwall untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 55/I Sridadi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu data di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang menerapkan model Kooperatif Tipe Jigsaw dengan berbantuan aplikasi Wordwall pada pembelajaran IPAS mampu meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini dikarenakan siswa mengalami peningkatan keaktifan dengan memperhatikan tiap indikator keaktifan terlihat pada setiap siklus pertemuan. Pada siklus I diketahui bahwa keaktifan siswa hanya berada pada klasifikasi “Cukup” dengan presentase hanya mencapai 60,26% artinya belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini, dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat pada klasifikasi “Baik” dengan presentase mencapai 84,73%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menerapkan model Kooperatif Ttipe Jigsaw berbantuan aplikasi Wordwall pada pembelajaran IPAS dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan tiap indikator keaktifan pada tiap siklus pertemuannya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan siswa, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Wordwall
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: AFSAN
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:53
Last Modified: 01 Jul 2024 07:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65891

Actions (login required)

View Item View Item