KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WORDWALL PADA MATERI TEKS PROSEDUR KELAS VII MTS AL-HIDAYAH

Nadhirah, Maskurotun and Hadiyanto, Hadiyanto and Harjono, Hary Soedarto (2024) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WORDWALL PADA MATERI TEKS PROSEDUR KELAS VII MTS AL-HIDAYAH. S2 thesis, MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA.

[img] Text
cover.pdf

Download (213kB)
[img] Text
MASKUROTUN TESIS SIDANG REVISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (374kB)

Abstract

Nadhirah, Maskurotun. 2024. Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall pada Materi Teks Prosedur Kelas VII MTs Al-Hidayah: Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. hadiyanto, S. Pd., M. Ed., Ph. D., (II) Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif wordwall pada materi teks prosedur kelas VII di MTs Al-Hidayah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest), treatmen dan tes akhir (postes). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan media pembelajaran dan yang tidak menggunakan media pembelajaran. Selain itu media pembelajaran wordwall efektif digunakan untuk memperbaiki hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis nilai N-Gain antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata presentase N-Gain kelas eksperimen yaitu 58,32% dengan kategori cukup efektif dan kelas kontrol memperoleh rata-rata persentase N-Gain yaitu 18,32 % dengan kategori tidak efektif. Kata kunci: Efektivitas, media pembelajaran, teks prosedur

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Maskurotun Nadhirah
Date Deposited: 01 Jul 2024 06:59
Last Modified: 01 Jul 2024 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65904

Actions (login required)

View Item View Item