Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bergotong Royong Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar

Oktavia, Gadis (2024) Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bergotong Royong Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Skripsi Full_Gadis Oktavia_A1D120120.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (312kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Oktavia, Gadis. 2024. Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bergotong Royong Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Yantoro, M. Pd., (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, Bergotong Royong, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Dasar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi profil pelajar pancasila dimensi bergotong royong dalam pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 34/I Teratai pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Data penelitian diperoleh secara langsung melalui teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi profil pelajar pancasila dimensi bergotong royong dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di kelas IV A SD Negeri 34/I teratai dilakukan melalui : 1) Perencanaan, dimulai dengan pembentukan tim fasilitator oleh kepala sekolah. Tim fasilitator melakukan perencanaan berupa penetapan tema, dimensi, dan alokasi waktu projek dengan mempertimbangkan relevansinya dengan nilai bergotong royong serta kesiapan sekolah. Selanjutnya menyusun modul projek yang terintegrasi nilai-nilai bergotong royong dalam rangkaian alur aktivitas dan kegiatannya, serta merancang strategi pelaporan hasil projek termasuk pencapaian dimensi bergotong royong 2) Pelaksanaan, implementasi dimensi bergotong royong pada ketiga elemennya yaitu kolaborasi, kepedulian, dan berbagi diwujudkan melalui pembelajaran kolaboratif yang terintegrasi dalam rangkaian aktivitas dan kegiatan projek serta pengarahan dan keteladanan dari guru. 3) Evaluasi, dilakukan guru dengan melibatkan beberapa tahapan seperti melakukan pengumpulan data berupa dokumentasi kegiatan projek dan asesmen, mengolah hasil asesmen, melaporkan projek, serta refleksi tindak lanjut. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi profil pelajar pancasila dimensi bergotong royong telah dilakukan dengan cukup baik melalui integrasi nilai-nilai gotong royong dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) meskpiun masih terdapat tantangan yang muncul. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memiliki manfaat bagi penelitian selanjutnya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, Bergotong Royong, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: OKTAVIA
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:23
Last Modified: 01 Jul 2024 04:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65923

Actions (login required)

View Item View Item