EFEKTIFITAS PENERAPAN STRATEGI INSIDE-OUTSIDE CIRCEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VIII SMP AHMAD DAHLAN KOTA JAMBI

athallah, muhammad (2024) EFEKTIFITAS PENERAPAN STRATEGI INSIDE-OUTSIDE CIRCEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VIII SMP AHMAD DAHLAN KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
skripsi muhammad athallah (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
halaman dpengesahan dan halamn persetujuan.pdf

Download (133kB)
[img] Text
absrack.pdf

Download (166kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (178kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (132kB)

Abstract

Kata Kunci: Inside Outside Circel,Strategi Pembelajaran, Bahasa Arab Bahasa merupakan media penyampai ide,gagasan, dan pikiran manusia dalam bentuk ucapan atau tulisan dengan maksud agar di pahami oleh orang lain. Ada dua strategi yang mudah dapat di terapkan oleh seorang guru dalam penerapan bahasa arab untuk murid. Strategi tersebut adalah pertama, strategi Qurrat Al-kalam yaitu percakapan berbicara bahasa Arab dengan mengajukan pertanyaan sambal melempar bola. Stategi ini di gunakan khusus untuk mengetahui kemampuan atau keterampilan berbicara siswa di karenakan ada tanya jawab antar peserta didik. Kedua , strategi inner outer circle yaitu lingkaran dalam atau lingkaran luar yang di kembangkan oleh spencer kagan, dilakukan dengan cara membentuk dua kelompok saling berhadapan dan saling memberi informasi, karena dengan di terapkannya strategi tersebut proses pembelajaran serta hasil belajar meningkatkan. Peneliti melakukan penelitian eksperimen yang berhubungan dengan model pembelajaran. Peneliti memilih model pembelajaran IOC ( Inside Outside Circel) untuk keterampilan menyimak dan berbicara dalam pembelajaran bahasa Arab. Model pembelajaran IOC (Inside Outside Circel) merupakan model dalam pembelajaran kooperatif mengacu pada metode pembelajaran dimana siswa bekerja sama dalam kelompok kecil dan saling membantu.Teknik mengajar lingkaran kecil.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji atau melihat seberapa efektif strategi inside outside sircle dalam meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Arab siswa kelas VIII di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi.Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan satu kelompok menggunakan pre-test dan post-test. Populasi dan sampel: 30 siswa dari kelas VIII C di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yaitu tes (pre-test dan post-test), dokumentasi. Uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, normalitas, dan homogenitas instrumen penelitian. Uji hipotesis dengan menggunakan analisis uji-t.Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisis data pengujian hipotesis yang mana nilai uji Independent sample test pada signifikansi 2-tailed menunjukkan 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya metode IOC efektif digunakan dalam meningkatkan penguasaan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII Smp Ahmad Dahlan kota Jambi. Selain itu dapat dilihat pada perbandingan antara nilai rata-rata siswa kelas eksperimen dan kontrol. Kelas VIII C yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan memperoleh hasil nilai rata-rata post-test sebesar 86,09 dengan nilai tertinggi mendapat 100 dan nilai terendah 70. Sedangkan kelas VIII E yaitu kelas kontrol tanpa perlakuan memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 76,25 dengan nilai tertinggi sebesar 90 dan terendah sebesar 55.Jadi dapat disimpulkan kelas eksperimen meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Inside Outside Circel,Strategi Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: Athallah
Date Deposited: 01 Jul 2024 06:47
Last Modified: 01 Jul 2024 06:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65978

Actions (login required)

View Item View Item