Pengembangan Modul Elektronika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Power Supply

Anggraini, Silvia (2024) Pengembangan Modul Elektronika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Power Supply. S1 thesis, Universitas Jambi.

This is the latest version of this item.

[img] Text
FULL SKRIPSI (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER (2).pdf

Download (135kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul elektronika berbasis proyek (project based learning) pada materi power supply yang dilatarbelakangi oleh masalah yang ada dilapangan, dimana mahasiswa masih merasa kesulitan dalam pembuatan proyek elektronika, hal ini disebabkan oleh bahan ajar yang digunakan saat ini belum memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam memberikan gambaran terstruktur mengenai tugas proyek khususnya pada materi power supply. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R & D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations), tetapi hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan saja. Subjek penelitian ini adalah 27 mahasiswa program studi pendidikan fisika yang sudah pernah mengontrak mata kuliah elektronika. Modul yang dikembangkan harus melalui tahap validasi ahli materi dan ahli media sebelum diuji cobakan ke mahasiswa melalui angket persepsi mahasiswa. Berdasarkan hasil validasi materi tahap pertama, diperoleh persentase rata-rata sebesar 75,33% dengan kategori layak. Selanjutnya dilakukan validasi tahap kedua dan diperoleh persentase rata-rata sebesar 95,33% dengan kategori sangat layak. Sedangkan untuk validasi ketiga diperoleh persentase rata – rata sebesar 97,67% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli media pertama diperoleh persentase rata – rata sebesar 63% dengan kategori layak. Validasi media kedua, diperoleh persentase rata – rata sebesar 90,83% dengan kategori sangat layak. Terdapat peningkatan persentase rata – rata pada validasi ahli materi dan media. Dan untuk angket persepsi mahasiswa diperoleh persentase rata – rata sebesar 85,18% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul elektronika berbasis proyek (project based learning) pada materi power supply layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif pada mata kuliah elektronika.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Anggraini
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:10
Last Modified: 01 Jul 2024 07:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65999

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item