Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Peluang Peserta Didik Fase E

Rahmayani, Fitri (2024) Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Peluang Peserta Didik Fase E. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Tesis Fitri Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Berpikir kritis dalam mempelajari matematika adalah proses berpikir yang mengorganisasi pemahaman konsep, pengetahuan dan pengalaman, sehingga dapat membuat keputusan yang tepat. Salah satu perangkat pembelajaran yang dapat membimbing siswa dalam berpikir kritis adalah LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD interaktif berbasis problem based learning yang layak dari segi valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi peluang di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari Analisis (Analyze), Merancang (Desain), Mengembangkan (development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen pengumpulan data aberupa ngket validasi, angket praktikalitas, tes kemampuan berpikir kritis dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis statistik deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui hasil validasi kelayakan produk, respon guru dan siswa, serta pretest dan posttest dengan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD interaktif berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dinyatakan layak digunakan secara teoritis yaitu berdasarkan persentase hasil perhitungan validasi dari ahli desain media diperoleh 91%, ahli materi diperoleh 84% dan penilaian praktisi sebesar 95%. Layak secara praktik yaitu berdasarkan persentase hasil penilaian praktikalitas oleh siswa 90% dengan kategori sangat praktis dan berdasarkan hasil analisis uji hipotesis menggunakan Paired sample t-test didapat bahwa nilai sig.(2-tailed)=0,000<0,05 maka H_0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor pretest dan skor posttest kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dilengkapi hasil uji N-Gain diperoleh 0,6 dengan kategori interpretasi sedang dan persentase N-Gain diperoleh 61,5% dengan kategori cukup efektif serta persentase hasil dari respon siswa diperoleh 90% dengan kategori sangat efektif. Kata Kunci: Berpikir Kritis; E-LKPD; Model Problem Based Learning; Peluang; Pengembangan.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis; E-LKPD; Model Problem Based Learning; Peluang; Pengembangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitri Rahmayani
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:02
Last Modified: 08 Jul 2024 04:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66131

Actions (login required)

View Item View Item