Pengaruh Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII SMPN 9 Kota Jambi

Reza, Allyana Dwi (2024) Pengaruh Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII SMPN 9 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (50kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kreatif matematis siswa tergolong rendah dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dengan menerapkan model CPS, (2) kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dengan menerapkan model PBL , (3) kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dengan menerapkan model DI, (4) perbedaan hasil pengaruh penerapan model CPS, model PBL, dan model DI dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan posttest only control design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas VII SMP N 9 Kota Jambi tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 204 siswa dan terbagi menjadi 7 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A yang terdiri dari 35 siswa, kelas VII B yang terdiri dari 35 siswa, dan kelas VII C yang terdiri dari 33 siswa. Sampel di tentukan dengan Teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Anova satu arah (One way Anova). Hasil penelitian ini didapatkan nilai sig. 0,000 < 0,005 yang artinya terdapat pengaruh penerapan model CPS, model PBL dan model DI dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa yang diberi perlakuan dengan menerapkan model CPS dan model PBL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menerapkan model DI, dengan nilai rata-rata skor posttest kelas CPS adalah 16,94 dan rata-rata skor posttest kelas PBL adalah 16,26. The background of this research is the low level of students' mathematical creative thinking ability in solving mathematical problems. This study aims to determine (1) students' mathematical creative thinking ability using the CPS model, (2) students' mathematical creative thinking ability using the PBL model, (3) students' mathematical creative thinking ability using the DI model, and (4) the differences in the effects of implementing CPS, PBL, and DI models in improving students' mathematical creative thinking ability. This experimental research used a posttest-only control design. The population consisted of all 204 seventh-grade students at SMP N 9 Kota Jambi in the 2023/2024 academic year, divided into 7 classes. The sample, determined by Random Sampling Technique, included class VII A (35 students), class VII B (35 students), and class VII C (33 students). The instruments used were learning implementation observation sheets and mathematical creative thinking ability tests. Data were analyzed using one-way ANOVA. The results showed a significance value of 0.000 < 0.005, indicating that there is an effect of implementing CPS, PBL, and DI models in improving mathematical creative thinking ability. It can be concluded that students treated with the CPS and PBL models performed better than those with the DI model, with average posttest scores of 16.94 for the CPS class and 16.26 for the PBL class.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CPS, PBL, Berpikir Kreatif Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: REZA
Date Deposited: 03 Jul 2024 04:46
Last Modified: 03 Jul 2024 04:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66215

Actions (login required)

View Item View Item