UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE EKSPERIMEN DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

FHATURA IMANY, FHAULA UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE EKSPERIMEN DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. JURNAL UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE EKSPERIMEN DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (334kB)
[img] Text
4 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)

Abstract

ABSTRAK Fhaula Fhatura Imany, 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Eksperimen Di TK Islam Al-Falah Kota Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Prof. Dr. Dra. Emosda, M.Pd., Kons, (2) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Metode Eksperimen Penelitian ini berlatarbelakang yaitu kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Falah Kota Jambi masih belum berkembang dengan optimal dikarenakan anak masih belum bisa fokus saat guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan, anak belum bisa berkejasama dengan sesama teman dalam melakukan kegiatan kelompok, serta belum terlihatnya antusiasme anak dalam mengikuti kegiatan yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun sebelum dan setelah adanya tindakan metode eksperimen dan untuk mengetahui dapat peningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun melalui metode eksperimen di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Kemampuan berpikir kritis yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu observasi dasar (mengamati), mengandaikan, memprediksi, dapat menemukan kesalahan, memperkirakan penyebab, membuat keputusan, dan membuat kategori. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan langkah-langkah pada penelitian tindakan kelas ini yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobservasi dan melakukan refleksi terhadap hasil akhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 Siklus masing-masing 3 kali pertemuan. Data deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi angket, dan dokumentasi. Peneliti ini dalam pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang telah disediakan dalam setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun melalui metode eksperimen di TK Islam Al-Falah Kota Jambi yaitu : Dari pratindakan 25,4%, siklus I pertemuan ke-1 36,11%, siklus I pertemuan ke-2 41,76%, siklus I pertemuan ke-3 57,32%, siklus II pertemuan ke-1 70,30%, siklus II pertemuan ke-2 83,07%, akhirnya siklus II pertemuan ke-3 92,02% melebihi kriteria nilai ketuntasan yaitu 90%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun melalui metode eksperimen di TK Islam Al-Falah Kota Jambi mengalami peningkatan yang sangat baik melebihi keberhasilan 90%, maka penelitian tindakan kelas ini di anggap berhasil.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FHAULA FHATURA IMANY
Date Deposited: 15 Jan 2019 09:24
Last Modified: 15 Jan 2019 09:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6623

Actions (login required)

View Item View Item