Tri Arianda, Febri (2024) IMPLEMENTASI PENDEKATAN MIKIR DALAM MUATAN IPA KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 55/I SRIDADI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
FEBRI TRI ARIANDA_A1D120103_.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
FEBRI TRI ARIANDA_A1D120103_BAB I.pdf Download (508kB) |
![]() |
Text
FEBRI TRI ARIANDA_A1D120103_BAB V.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
FEBRI TRI ARIANDA_A1D120103_Abstrak.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
FEBRI TRI ARIANDA_A1D120103_Cover.pdf Download (675kB) |
![]() |
Text
FEBRI TRI ARIANDA_A1D120103_Daftar pustaka.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
Febri Tri Arianda_A1D120103_lembar pengesahan.pdf Download (147kB) |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari kebutuhan untuk memahami bagaimana pendekatan Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi (MIKIR) di implementasikan dalam muatan IPA di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi. Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran muatan IPA melalui pendekatan yang lebih interaktif dan holistik, yang mampu menjawab tantangan pembelajaran abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Pendekatan Mengalami Interaksi Komunikasi dan Refleksi (MIKIR) dalam Muatan IPA di Kelas VI B Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi. Pendekatan yang dipilih peneliti adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang diterapkan adalah Studi Kasus. Subjek penelitian mencakup guru dan siswa yang berada di kelas VI B Sekolah Dasar Negeri 55/1 Sridadi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian kualitatif ini, peneliti memanfaatkan model teknik analisis data Miles and Huberman dalam menganalisis hasil penelitiannya. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa di kelas VI B Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi telah memahami dan menerapkan pendekatan pembelajaran MIKIR dengan baik dalam muatan IPA. Guru mampu memfasilitasi pembelajaran yang melibatkan pengalaman langsung, interaksi aktif, komunikasi yang efektif, dan refleksi mendalam. Siswa menunjukkan keterlibatan dan pemahaman konsep konsep ilmiah. Meskipun demikian, penelitian juga menemukan adanya variasi tingkat kesiapan siswa dalam menghadapi pembelajaran dengan pendekatan MIKIR dan keterbatasan waktu sebagai tantangan yang perlu diatasi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan MIKIR, Muatan IPA, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ARIANDA |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 07:43 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 07:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66263 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |