Dewi, Aryani and Sri, Mulyani and Fadliyana, Ekawaty (2024) Analisis Perbandingan Edukasi Kesehatan Dengan Media Video Dan Media Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Di Sman 4 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI DEWI ARYANI_G1B120021.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (830kB) |
Abstract
ABSTRAK Latar Belakang :Berdasarkan data Global Burden of Cancer Study (Clobocan) yang dirilis oleh WHO, pada tahun 2020 angka kejadian dan kematian di dunia penyakit kanker di dunia yang menempati peringkat tertinggi adalah kanker payudara. Di Indonesia, kanker payudara menempati urutan tertinggi pada tahun 2020 dengan angka kejadian yaitu 65.858 (16,6%) dan 30,8% perempuan terdiagnosis kanker payudara yang umumnya dipengaruhi juga karena pendeteksian penyakit yang terlambat. Edukasi kesehatan tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) menggunakan media video dan media leaflet. Media video dapat menampilkan setiap gerakan atau langkah dengan lebih terperinci, sedangkan media leaflet merupakan bentuk penyampaian informasi atau pesan-pesan kesehatan melalui lembaran yang dilipat, berisi informasi yang berbentuk kalimat maupun gambar atau kombinasi. Tujuan: Untuk menganalisis edukasi kesehatan dengan media video dan media leaflet terhadap peningkatan pengetahuan remaja putri tentang SADARI di SMAN 4 Kota Jambi. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimental dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswi terdiri dari 18 siswi kelompok media video dan 18 siswi kelompok leaflet. Media yang digunakan adalah media video dan leaflet dan analisa data menggunakan uji Wilcoxon . Hasil: Hasil penelitian didapatkan adanya perbedaan tingkat pengetahuan sesudah diberikan edukasi kesehatan tentang SADARI dengan media video dan media leaflet. Hasil uji Wilcoxon kelompok media video memiliki nilai rata-rata sebelum (43,70) dan sesudah diberikan edukasi menjadi (90,19) p-value 0,000 sedangkan kelompok edukasi media leaflet memiliki nilai rata-rata sebelum (46,95) dan sesudah diberikan edukasi menjadi (46,66) p-value 0,063. Kesimpulan: Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan siswi kelompok edukasi dengan media video dan media leaflet. Kata Kunci : Pengetahuan, Edukasi Kesehatan, SADARI, Media Video, Media Leaflet. ABSTRACT Background: Based on data from the Global Burden of Cancer Study (Clobocan) released by WHO, in 2020 the incidence and death rate in the world of cancer in the world which ranks highest is breast cancer. In Indonesia, breast cancer ranks highest in 2020 with an incidence rate of 65,858 (16.6%) and 30.8% of women diagnosed with breast cancer, which is generally influenced by late detection of the disease. Health education about Breast Self-Examination (BSE) using video media and leaflet media. Video media can display each movement or step in more detail, while leaflet media is a form of conveying information or health messages through folded sheets, containing information in the form of sentences or images or a combination. Objective: To analyze health education using video media and leaflet media to increase adolescent girls' knowledge about BSE at SMAN 4 Jambi City. Method: This research is a quasi-experimental research with a nonequivalent control group design. The number of samples in this study was 36 female students consisting of 18 female students in the video media group and 18 female students in the leaflet group. The media used were video media and leaflets and data analysis used the Wilcoxon test. Results: The research results showed that there were differences in the level of knowledge after being given health education about BSE using video media and leaflet media. The Wilcoxon test results for the video media group had an average value before (43.70) and after being given education to (90.19) p-value 0.000, while the leaflet media education group had an average value before (46.95) and after being given education becomes (46.66) p-value 0.063. Conclusion: There is a difference in the level of knowledge of female students in the education group with video media and leaflet media. Keywords: Knowledge, Health Education, BSE, Video Media, Leaflet Media.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan, Edukasi Kesehatan, SADARI, Media Video, Media Leaflet. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Aryani |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 03:10 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 03:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66309 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |