PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII F DI SMP NEGERI 19 KOTA JAMBI

-, DEFRIZAL (2018) PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII F DI SMP NEGERI 19 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (80kB)

Abstract

ABSTRAK Defrizal, 2018. Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP N 19 Kota Jambi. Pembimbing 1 : Drs. Joni Afri, M. Pd Pembimbing 2 : Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd Motivasi di dalam kegiatan belajar merupakan kekuatan yang dapat menjadi tenaga pendorong bagi siswa untuk mendayagunakan potensi-potensi yang ada pada dirinya dan potensi di luar dirinya untuk mewujudkan tujuan belajar. Salah satu cara yang dapat diperguanakan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa yaitu layanan informasi. Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) mengungkapkan motivasi belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 19 Kota Jambi sebelum diberikan layanan informasi, (2) mengungkapkan motivasi belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 19 Kota Jambi setelah diberikan layanan informasi, dan (3) mengungkapkan pengaruh layanan informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 19 Kota Jambi Dalam penelitian ini jenisnya adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pretest and posttest digunakan untuk menguji apakah layanan informasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa menjadi lebih tinggi. Masing-masing kelompok terdiri dari kelas VIIIF sebanyak 33 siswa dan Kelas VIIIH sebanyak 32 siswa. Layanan informasi kelompok eksperimen diadakan selama sembilan kali pertemuan. Data tentang motivasi belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan menggunakan Uji t dengan bantuan SPSS versi 20. Temuan dari penelitian ini adalah: (1) nilai pre-test kelas eksperimen, secara rata-rata keseluruhan terdapat sekitar 50,82% siswa memiliki motivasi belajar yang berada pada kategori rendah dan sedangkan pada nilai post-test, ditemukan sekitar 71,58% secara rata-rata keseluruhan siswa memiliki motivasi belajar yang berada pada kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat selisih sekitar 20,76%, (2) nilai pre-test kelas kontrol ditemukan sebesar 51,01% siswa berada pada kategori rendah sedangkan pada nilai post-test, ditemukan sekitar 65,85% siswa yang memiliki motivasi belajar berada pada kategori sangat bagus. Dapat disimpukan bahwa terdapat selisih sekitar 14,84%, dan (3) pada tebel paried samples test untuk menentukan diterima atau ditolaknya Ho. Dari kolom t menunjukkan koefisien t hitung sebesar 23,087 dengan koefisien P-value sebesar 0,000. P-value lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP 19 Kota Jambi. Berdasarkan data tersebut maka dapat diartikan motivasi belajar meningkat setelah diberikan perlakuan berupa layanan informasi. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Layanan Informasi

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DEFRIZAL
Date Deposited: 15 Jan 2019 09:24
Last Modified: 15 Jan 2019 09:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6635

Actions (login required)

View Item View Item