PENGARUH PENERAPAN ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 7 MUARO JAMBI

Rohmah, Siti Nujuliya (2024) PENGARUH PENERAPAN ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 7 MUARO JAMBI. RIEMANN Research of of Mathematics and Mathematics Education, 06 (03). ISSN 2721-8848 (Submitted)

[img] Text
Siti Nujuliya Rohmah _ Cover.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (380kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (382kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Daftar pustaka .pdf

Download (269kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://journal.sanagustin.ac.id/index.php/reimann...

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa SMP N 7 Muaro Jambi yang diketahui melalui tes soal uraian yang terindikasi dengan sintaks kemampuan literasi matematis. Didapatkan hasil bahwa siswa masih rendah dalam menyelesaikan masalah dengan konsep-konsep dan prosedur matematika, sehingga tidak terpenuhinya sintaks kemampuan literasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kemampuan literasi matematika siswa dengan materi yang diajarkan yaitu bentuk aljabar. Tenik pembelajaran yang diterapkan di masa kurikulum merdeka ini memerlukan inovasi pembelajaran yang akan diterapkan di dalam pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran PBL dan juga model Inquiry yang mana penerapan biasanya menggunakan model direct instruction. True Experimental Design merupakan metode pembelajaran yang digunakan peneliti, Pretest-Posttest Control Group Design merupakan data perolehan yang digunakan oleh peneliti. Hasil penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran inquiry lebih memberikan kecenderungan yang lebih terhadap kemampuan literasi matematis siswa dibandingkan PBL dan pembelajaran langsung. Sesuai dengan hasil uji one way ANOVA dan uji lanjutan Tukey. Hasil signifikansi yang diperoleh dari uji kemiripan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi matematika siswa yaitu 0,727 > 0,05. Ditemukan hipotesis H_1 diterima, dengan hasil perbedaan rata-rata pengaruh nilai tes kemampuan literasi matematika siswa terhadap penerapan model pembelajaran PBL, inquiri dan direct instruction.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rohmah
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:02
Last Modified: 04 Jul 2024 08:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66354

Actions (login required)

View Item View Item