Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dalam Aspek Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi

Sabrina Artamevia, Putri (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dalam Aspek Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (561kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pendidikan anak usia dini pada dasarnya adalah pendidikan yang menekankan pengembangan semua aspek kepribadian anak atau memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan. Proses pembelajaran juga diperlukan dalam pendidikan. Proses pembelajaran harus direncanakan dengan cermat dan teliti, tahap demi tahap, dan proses demi proses. Selain itu, peran guru sangat strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan masuknya teknologi ke dunia pendidikan, terutama dalam hal pembelajaran, terjadi perubahan dalam pendekatan pembelajaran. Pembelajaran tradisional telah digabungkan dengan pendekatan pembelajaran yang lebih efisien dan efektif. Tahapan yang digunakan dan dilakukan dalam penelitian ini dimulai dengan analyze, designe, dan development. Pada penelitian ini, data dikumpulkan melalui angket dan observasi langsung. Data yang dikumpulkan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pada uji kelayakan video, hasil validasi ahli materi dilakukan dua kali, dengan nilai persentase 80,5% untuk kategori baik dengan revisi materi, dan 88,8% untuk kategori sangat baik serta layak untuk uji coba. Hasil validasi ahli media dilakukan sekali, dengan nilai persentase 97,5% untuk kategori sangat baik dan dinyatakan layak tanpa revisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa video pembelajaran berbasis kearifan lokal yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 15 guru, yang menghasilkan persentase 94,5% dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, guru menggunakan metode observasi untuk menguji video pembelajaran pada siswa TK ABA IV Kota Jambi. Hasilnya menunjukkan bahwa video pembelajaran yang didasarkan pada kearifan lokal dalam perkembangan bahasa dapat menarik minat dan perhatian peserta didik. Early childhood education is basically education that emphasizes the development of all aspects of a child's personality or facilitates the child's overall growth and development. The learning process is also needed in education. The learning process must be planned carefully and thoroughly, stage by stage, and process by process. Apart from that, the role of teachers is very strategic in improving the quality of learning. With the entry of technology into the world of education, especially in terms of learning, there has been a change in learning approaches. Traditional learning has been combined with more efficient and effective learning approaches. The stages used and carried out in this research began with analysis, design and development. In this research, data was collected through questionnaires and direct observation. The data collected is quantitative and qualitative. In the video feasibility test, the material expert validation results were carried out twice, with a percentage value of 80.5% for the good category with material revisions, and 88.8% for the very good category and suitable for trial. The results of media expert validation were carried out once, with a percentage value of 97.5% for the very good category and were declared appropriate without revision. The research results show that the local wisdom-based learning videos developed are of good quality. Research data was collected by distributing questionnaires to 15 teachers, which resulted in a percentage of 94.5% in the very good category. Next, the teacher used the observation method to test the learning video on ABA IV Kindergarten students in Jambi City. The results show that learning videos based on local wisdom in language development can attract students' interest and attention.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Kearifan Lokal,Sosial Emosional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Artamevia
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:30
Last Modified: 04 Jul 2024 07:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66378

Actions (login required)

View Item View Item