Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dalam Aspek Perkembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini di TKIT Al-Muthmainnah Kota Jambi

Arya Ramadhini, Azalia (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dalam Aspek Perkembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini di TKIT Al-Muthmainnah Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
SKRIPSI AZALIA FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Hal. Pengesahan Azalia.pdf

Download (515kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pada pembelajaran di TKIT Al-Muthmainnah Kota Jambi, minim menggunakan pembelajaran berupa teknologi sehingga pembelajaran masih terfokus dengan penggunaan media konvensional dan membuat peserta didik merasa bosan. Untuk mengurangi kendala tersebut diperlukan sebuah media video pembelajaran agar menarik dan merangsang daya imajinasi anak usia dini serta agar dapat digunakan dalam pembelajaran luring maupun daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan produk media pembelajaran, mengetahui respon guru TKIT Al-Muthmainnah Kota Jambi, dan untuk mengetahui minat peserta didik terhadap video pembelajaran berbasis kearifan lokal dalam aspek motorik kasar. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian research and development dengan menerapkan model ADDIE. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa angket dan observasi langsung dengan data yang diperoleh berupa kuantitatif dan kualitatif. Pada uji kelayakan video diperoleh hasil dari validasi ahli materi yang dilakukan sebanyak 2 kali dengan perolehan presentase pada validasi I 89,5% dalam kategori sangat baik dengan revision materi dan validasi ke II memperoleh nilai presentase 93,7% dengan kategori sangat baik serta layak untuk dilakukan uji coba. Hasil validasi ahli media memperoleh presentase 97,5% dalam kategori sangat baik dan dinyatakan layak tanpa revisi. Data penelitian diperoleh dari penyebaran angket terbuka dan tertutup yang disebarkan kepada responden yaitu guru berjumlah 10 orang diperoleh hasil persentase 92,9% dengan kategori sangat baik. Dan angket respon anak memperoleh hasil presentase 86,5%. Berdasarkan hasil pengembangan video pembelajaran berbasis kearifan lokal dalam aspek perkembangan motorik kasar pada anak usia dini di TKIT Al-Muthmainnah Kota Jambi dapat dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta mendapat respon positif dari responden dengan hasil kategori sangat baik. In learning at TKIT Al-Muthmainnah Jambi City, there is minimal use of learning in the form of technology so that learning is still focused on the use of conventional media and makes students feel bored. To reduce these obstacles, learning video media is needed so that it attracts and stimulates the imagination of young children and so that it can be used in offline and online learning. This research aims to develop learning media, determine the feasibility of learning media products, determine the response of Al-Muthmainnah TKIT teachers in Jambi City, and to determine students' interest in learning videos based on local wisdom in the gross motor aspect. The type of research used is research and development research using the ADDIE model. The data collection techniques in this research are in the form of questionnaires and direct observation with the data obtained in the form of quantitative and qualitative. In the video feasibility test, the results obtained from material expert validation were carried out 2 times with a percentage obtained in the first validation of 89.5% in the very good category with material revision and the second validation obtained a percentage value of 93.7% in the very good category and worthy of use. testing was carried out. The validation results from media experts obtained a percentage of 97.5% in the very good category and were declared feasible without revision. Research data was obtained from distributing open and closed questionnaires distributed to respondents, namely 10 teachers, with a percentage result of 92.9% in the very good category. And the child response questionnaire obtained a percentage result of 86.5%. Based on the results of the development of learning videos based on local wisdom in the aspect of gross motor development in early childhood at TKIT Al-Muthmainnah, Jambi City, it can be declared suitable for use in learning activities and received a positive response from respondents with results in the very good category.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Kearifan Lokal, Motorik Kasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: RAMADHINI
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:30
Last Modified: 04 Jul 2024 07:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66379

Actions (login required)

View Item View Item