Agnia, Syindi (2024) IDENTIFIKASI KONSEPSI-KONSEPSI PESERTA DIDIK DAN SUMBERNYA PADA FLUIDA DINAMIS MENGGUNAKAN INSTRUMEN BERFORMAT FIVE-TIER DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI_SYINDI AGNIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (735kB) |
Abstract
ABSTRAK Agnia, Syindi. 2024. Identifikasi Konsepsi-Konsepsi Peserta Didik dan Sumbernya pada Fluida Dinamis Menggunakan Instrumen Berformat Five-Tier di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Skiripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Maison, M.Si., Ph.D., (II) Dra. Astalini, M.Si. Kata Kunci: Identifikasi, Konsepsi, Sumber Konsepsi, Five-tier, Fluida Dinamis Konsep apabila dipahami dengan baik akan memberikan penafsiran suatu konsep kepada peserta didik yang sesuai dengan pengertian ilmiah, sedangkan apabila tidak dipahami dengan baik akan terjadi penyimpangan konsep. Peserta didik yang memiliki penyimpangan konsep akan sulit mengikuti proses pembelajaran dan akan mempengaruhi hasil belajar. Selain itu, peserta didik perlu mengidentifikasi sumber yang menjadi dasar pemahaman konsep yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsepsi-konsepsi peserta didik dan sumber konsepsi pada materi fluida dinamis di SMA Negereri 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan menggunakan desain/model penelitian sequential explanatory. Subjek dalam penelitian sebanyak 98 responden. Pengumpulan data diperoleh dengan cara menyebarkan instrumen five-tier diagnostic test kepada peserta didik (sebagai data utama) dan wawancara (sebagai data penunjang). Setelah data diperoleh, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa peserta didik memiliki konsepsi paham konsep (scientific Conception) masuk kotegori rendah dengan besar persentase 8,30%, kurang pengetahuan (lack of knowledge) memiliki besar persentase 30,32% masuk kategori sedang, miskonsepsi positif (false positive) dengan besar persentase 8,74% masuk kategori rendah, miskonsepsi negatif (false negative) dengan besar persentase 4,94% masuk kategori rendah, dan miskonsepsi (misconception) dengan besar persentase 47,66% masuk kategorti sedang. Adapun sumber konsepsi paling tinggi dengan besar persentase 64,59% adalah hasil dari pemikiran pribadi dan yang menjadi sumber terkecil adalah penjelasan guru dengan besar persentase 0,4%. Dapat disimpulkan bahwa peserta didik memiliki pemahaman terhadap suatu konsep masuk kategori rendah dan masih mengalami miskonsepsi pada materi fluida dinamis. Dengan sumber konsepsi paling tinggi yaitu dari pemikiran pribadi dan yang terendah yaitu penjelasan guru. Sehingga peserta didik perlu menambah wawasan yang menekankan pada penguasaan konsep dan guru diharapkan dalam proses pembelajaran dapat memberikan pengajaran yang optimal agar penguasaan konsep peserta didik lebih baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Identifikasi, Konsepsi, Sumber Konsepsi, Five-tier, Fluida Dinamis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Agnia |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 06:41 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |