Dalimunthe, Mardina tiara and Aprillitzavivayarti, Aprillitzavivayarti and Setiyadi, Bradley (2024) PERANAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENCAPAI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) BERDIMENSI BERNALAR KRITIS DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (552kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_MARDINA TIARA DALIMUNTHE A1D520043.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peranan guru dalam implementasi kurikulum merdeka untuk mencapai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berdimensi bernalar kritis di SMA Negeri 11 Muaro Jambi serta kendala dan solusi guru dalam mencapai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berdimensi bernalar kritis di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Muaro Jambi pada bulan Januari 2024. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumen. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, guru dan siswa. Penelitian merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis penyajian data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan melakukan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peranan guru dalam mencapai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sudah dilaksanakan dengan baik namun masih ditemukan kendala pada dimensi bernalar kritis (2)kendalanya yaitu berupa terdapatnya siswa kesulitan dalam menggunakan dimensi bernalar kritis, kurangnya persiapan guru dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) (3) dan solusinya yaitu guru melakukan pembiasaan kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal yang levelnya lebih tinggi untuk melatih berfikir kritis siswa, Guru lebih terampil dalam menggunakan teknologi. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru bisa menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) khususnya dimensi bernalar kritis. Disamping itu, peranan guru sangat penting dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa di SMA Negeri 11 Muaro Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Bernalar Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | DALIMUNTHE |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 03:14 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 03:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66425 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |