PERANAN GURU PENGGERAK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 11 MUARO JAMBI

Damanik, Anggriani Devita and Aprillitzavivayarti, Aprillitzavivayarti and Setiyadi, Bradley (2024) PERANAN GURU PENGGERAK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text
FIX SIDANG SKRIPSI ANGGRIANI DEVITA - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan dari guru penggerak di sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 11 Muaro Jambi serta faktor pendukung dan penghambat peranan guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru penggerak, guru mata pelajaran dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis penyajian data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan melakukan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peranan guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 11 Muaro Jambi adalah bahwa guru penggerak memegang peran yang sangat penting dalam memajukan implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah. Guru penggerak bertindak sebagai penggerak komunitas belajar guru, agen perubahan, serta pencipta wadah diskusi dan kolaborasi antar guru. Selain itu, juga berperan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan terhadap siswa, selalu mengembangkan diri secara terus-menerus, dan memberikan motivasi kepada rekan-rekan guru. (2) Faktor pendukung dan penghambat yaitu berupa faktor pendukung yaitu komunikasi yang baik sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah 1) Kurangnya kolaborasi dan koordinasi antar guru penggerak 2) Masih ada terdapat guru kurang kesiapan dalam penggunaan teknologi dan informasi (IT) Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru penggerak yang menjadi agen perubahan terhadap sekolah, memegang peran penting dalam membentuk media komunitas belajar siswa, menciptakan model pembelajaran yang menyenangkan, menyediakan ruang diskusi, dan terutama berkolaborasi dengan sesama guru. Mereka juga diharapkan mampu memotivasi siswa dan majelis guru untuk mencapai prestasi yang lebih baik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: GURU PENGGERAK, IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: DAMANIK
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:48
Last Modified: 05 Jul 2024 03:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66442

Actions (login required)

View Item View Item