ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA IMTAQ DALAM PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA TK DI KECAMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI

NOVIANI, ELA ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA IMTAQ DALAM PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA TK DI KECAMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA IMTAQ DALAM PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA TK DI KECAMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI.

[img] Text
1 COVER.docx

Download (30kB)
[img]
Preview
Image
pengesahan.jpg

Download (410kB) | Preview
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (98kB)
[img] Text
12 BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
16 BAB V.docx

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK Noviani, Ela. 2018. Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Sentra Imtaq dalam Perkembangan Nilai Agama dan Moral pada TK di Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. KA Rahman, M.Pd. I dan Pembimbing II Dr. Drs, H Hendra Sofyan, M. Si. Kata Kunci: Analisis, Sentra Imtaq, Nilai Agama dan Moral. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran sentra imtaq dalam perkembangan nilai agama dan moral pada TK di Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi, serta mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran sentra imtaq dalam hal pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main dan pijakan setelah main. Penelitian ini dilakukan di 4 TK yang telah menerapkan model pembelajaran sentra imtaq di Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi pada 09 Agustus 2018 – 09 Oktober 2018. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru sentra imtaq yang berada di Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan tiga tehnik pengumpul data yaitu angket, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diolah secara keseluruhan dihasilkan bahwa analisis pelaksanaan model pembelajaran sentra imtaq berada pada kualitas “Baik”. Terbukti dari hasil rata-rata bobot angket sebesar 84% dan hasil rata-rata bobot observasi sebesar 85% serta diperkuat hasil wawancara dimana sebagian besar guru telah melaksanakan model pembelajaran sentra imtaq sesuai dengan tahapannya. Dari hasil analisis data tersebut berdasarkan indikator, dapat disimpulkan analisis pelaksanaan model pembelajaran sentra imtaq dalam perkembangan nilai agama dan moral dalam hal pijakan lingkungan main berada pada kualitas “Baik” dengan hasil angket 77% dan hasil observasi 80% serta hasil wawancara yang membuktikan guru telah melaksanakan tahap pijakan lingkungan main sesuai dengan tahapan, dalam hal pijakan sebelum main berada pada kualitas “Baik” dengan hasil angket 84% dan hasil observasi sebesar 86% serta hasil wawancara yang membuktikan bahwa guru telah melaksanakan proses pijakan sebelum main sesuai dengan tahapan, dalam hal pijakan selama main berada pada kualitas “Baik” dengan hasil angket 82% dan hasil observasi 95% serta hasil wawancara yang membuktikan guru telah melaksanakan proses pijakan selama main sesuai dengan tahapan, dan pada tahap pijakan setelah main berada pada kualitas “Baik” dengan hasil angket 100% dan hasil observasi 72% serta diperkuat dengan hasil wawancara yang membuktikan bahwa guru telah melaksanakan proses pijakan setelah main sesuai dengan tahapan. Kesimpulan bahwa ”Pelaksanaan Model Pembelajaran Sentra Imtaq dalam Perkembangan Nilai Agama dan Moral pada TK di Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi berada pada kualitas baik”. Saran peneliti dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat memacu semangat para guru dan lembaga untuk dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan model pembelajaran sentra imtaq yang lebih baik lagi kedepannya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ELA NOVIANI
Date Deposited: 16 Jan 2019 01:57
Last Modified: 16 Jan 2019 01:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6649

Actions (login required)

View Item View Item