Wahyuni, Rini (2024) Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematika Melaui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, universitas jambi.
Text
ABSTRAK.pdf Download (42kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (90kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (43kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (95kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
TESIS FULL RINI WAHYUNI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Wahyuni, Rini. 2024. Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas IV SD: Tesis, Jurusan Magister Pendidikan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Amirul Mukminin, S.Pd.,M.Sc.Ed.,Ph.D., (II) Dr. Atri Widowati,S.Pd.,M.Or. Kata Kunci: berpikir kritis, pemecahan masalah, PBL Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah dengan model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN 24/II Koto Jayo. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan langkah-langkah yang sama untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah melalui model Problem Based Learning. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 24/II Koto Jayo yang berjumlah 24 siswa pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada siswa kelas IV melalui model Problem Based Learning mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian dan observasi aktivitas pembelajaran siklus I dan siklus II. Hasil penilaian keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada siklus I dengan rata-rata yang diperoleh 73,62, sedangkan pada siklus II dengan rerata 87,91. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi model Problem Based Learning meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa kelas IV SDN 24/II Koto Jayo. Demikian juga dengan hasil observasi aktivitas pembelajaran siklus I dan siklus II yang menunjukkan bahwa pembelajaran menyatakan kalimat matematika sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran model Problem Based Learning. Dari kesimpulan di atas sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini, maka dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut: Pihak sekolah hendaknya memberikan dukungan pada pengembangan Problem Based Learning di sekolah sehingga guru-guru yang lain dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan membawa siswa dalam pembelajaran yang menyenangkan dan penggunaan model Problem Based Learning dalam keterampilan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah dapat mendorong siswa dalam memahami konsep dasar perhitungan. ABSTRACT Wahyuni, Rini. 2024. Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas IV SD: Tesis, Jurusan Magister Pendidikan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Amirul Mukminin, S.Pd.,M.Sc.Ed.,Ph.D., (II) Dr. Atri Widowati,S.Pd.,M.Or. Keywords: critical thinking, problem solving, PBL This study aims to determine the improvement of critical thinking and problem solving skills with the Problem Based Learning model in class IV students of SDN 24/II Koto Jayo. The research method used is PTK (Classroom Action Research) which consists of four stages, namely planning, action, observation, and reflection. The four stages are a cycle that takes place repeatedly and the same steps are taken to improve critical thinking skills and problem solving through the Problem Based Learning model. This Classroom Action Research was conducted on grade IV students of SDN 24/II Koto Jayo, totalling 24 students in the even semester of the 2023/2024 academic year. The results showed that critical thinking and problem solving skills in grade IV students through the Problem Based Learning model had increased. The increase can be seen from the results of the assessment and observation of learning activities in cycle I and cycle II. The results of the assessment of critical thinking skills and problem solving in cycle I with an average obtained of 73.62, while in cycle II with an average of 87.91. Thus, it can be concluded that the implementation of the Problem Based Learning model improves the critical thinking and problem solving skills of grade IV students of SDN 24/II Koto Jayo. Likewise, the results of observations of learning activities in cycle I and cycle II show that learning to express mathematical sentences is in accordance with the learning steps of the Problem Based Learning model. From the above conclusions as a follow-up to the results of this study, the following suggestions can be made: The school should provide support for the development of Problem Based Learning in schools so that other teachers can apply the Problem Based Learning model and bring students in fun learning and the use of Problem Based Learning models in skills to improve critical thinking skills and problem solving can encourage students in understanding the basic concepts of calculation.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Rini Wahyuni |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 07:29 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 07:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66552 |
Actions (login required)
View Item |