Pengembangan Modul Elektronika Pada Materi Operasional Amplifier Berbasis Proyek (Project Based Learning)

Arunde, Beta Olivia (2024) Pengembangan Modul Elektronika Pada Materi Operasional Amplifier Berbasis Proyek (Project Based Learning). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (220kB)
[img] Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (427kB)
[img] Text
DAFATAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Arunde, Beta Olivia. 2024. Pengembangan Modul Elektronika Pada Materi Operasional Amplifier Berbasis Proyek (Project Based Learning): Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas jambi, Pembimbing: (I) Nehru, S.Si., M.T., (II) Febri Berthalita Pujaningsih, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Bahan ajar, elektronika, pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini dilandasi oleh permasalahan yang terjadi dengan mahasiswa dalam pembelajaran fisika mata kuliah elektronika. Mahasiswa berpendapat mata kuliah elektronika adalah mata kuliah yang sulit dipahami, khususnya pada materi penguat operasional (op-amp). Beberapa faktor lain juga mempengaruhi diantaranya penggunaan sumber ajar dan metode pembelajaran oleh pendidik dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari peneilitian ini untuk mengetahui hasil akhir dari pengembangan, validitas dan persepsi mahasiswa terhadap modul elektronika pada materi operasional amplifier berbasis proyek (project based learning). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode research and development, menggunakan model pengembangan 4-D yang mencakup empat tahap: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun, penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap pengembangan. Subjek uji coba adalah 23 mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2021 Universitas Jambi. Kevalidan modul dinilai berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta dari persepsi mahasiswa terhadap pengembangan modul. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah produk berupa modul elektronika pada materi operasional amplifier berbasis proyek (project based learning). Rata-rata validitas berdasarkan aspek materi sebesar 85% dan rata-rata validitas berdasarkan aspek media sebesar 86%, uji coba dari hasil angket persepsi mahasiswa pada kelompok kecil mendapatkan respon positif yaitu dengan rata-rata sebesar 85%. Dapat disimpulkan modul elektronika pada materi operasional amplifier berbasis proyek (project based learning) dinyatakan sangat valid sehingga sangat layak digunakan dan mendapat respon positif untuk dijadikan bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, elektronika, pembelajaran berbasis proyek.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Arunde
Date Deposited: 05 Jul 2024 08:15
Last Modified: 05 Jul 2024 08:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66597

Actions (login required)

View Item View Item