Agustina, Dede Lia (2024) Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Fisika Berbasis PBL Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Teori Kinetik Gas. S1 thesis, Pendidikan Fisika.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (736kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI DEDE FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (591kB) |
![]() |
Text
Cover Skripsi.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (307kB) |
Abstract
Dengan kemajuan teknologi dalam kegiatan pembelajaran tentunya membutuhkan salah satu bahan ajar berbasis elektronik seperti e-modul. Hal ini agar memudahkan peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bahan ajar e-modul fisika berbasis PBL (Problem Based Learning) pada materi teori kinetik gas dengan menggunakan angket respon peserta didik dan hasil dari pretest posttest peserta didik. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan (Research & Development). Adapun model pengembangan yang digunakan ialah 4-D yang terdiri ata 4 tahapan diantaranya Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Adhyaksa 1 Jambi. Instrumen pengumpulan data berupa data kualitatif diperoleh dari tahapan validasi produk, data yang didapat berupa saran, kritik, serta tangapan dari tim ahli validasi materi, validasi media, praktikalitas tenaga pendidik dan angket efektivitas respon peserta didik yang digunakan untuk perbaikan produk. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari data hasil angket efektivitas hasil belajar peserta didik berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian diperoleh melalui validasi ahli, praktikalitas tenaga pendidik, respon, pretest dan posttest peserta didik. Pada validasi materi diperoleh skor 95,2% dengan kategori “sangat valid” setelah melakukan revisi sebanyak 3 kali. Lalu ahli media diperoleh skor 95% dengan kategori “sangat valid” setelah melakukan revisi sebanyak 3 kali. Pada praktikalitas tenaga pendidik diperoleh skor 100% dengan kategori “sangat paktis”. Kemudian untuk efektivitas dilakuan uji coba kelompok kecil pada tahap pengembangan respon peserta didik sebesar 91,2% dengan kategori “sangat efektif” kemudian melalui angket hasil belajar dengan interpretasi N-Gain sebesar 0,78 pada kategori “tinggi” dan tafsiran efektivitas N- Gain sebesar 78,5% dengan kategori “efektif”. Selanjutnya dilakukan penyebaran diberikan perlakuan yang sama dengan subjek uji coba peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Adhyaksa 1 Jambi dengan uji coba lapangan terbatas dan menggunakan angket efektivitas berupa respon peserta didik sebesar 80,3% dengan kategori “sangat efektif” kemudian angket hasil belajar dengan interpretasi N-Gain sebesar 0,61 dengan kategori “sedang” dan tafsiran efektivitas N-Gain sebesar 61% dengan kategori “cukup efektif”. Melalui hasil penelitian tersebut dikatakan e-modul layak untuk digunakan, serta teruji kepraktisan dan keefektifannya, selain itu e-modul sangat mudah diakses melalui smartphone, leptop, maupun komputer. Sehingga e-modul dapat dijadikan bahan ajar tambahan bagi peserta didik untuk belajar mandiri.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Agustina |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 08:22 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 08:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |