ANALISIS MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS JAMBI MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR

Mu'nisana, Mu'nisana (2024) ANALISIS MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS JAMBI MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text
SKRIPSI MU'NISANA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mu’nisana. 2024. Analisis Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi Melalui Program Kampus Mengajar. Skripsi, Pembimbing (I) Dr. Friscilla Wulan Tersta S.Pd., M.Pd., Pembimbing (II) Ady Muh. Zainul Mustofa, S.S., M.Pd. Kata Kunci : Minat Menjadi Guru, Program Kampus Mengajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi untuk menjadi guru melalui program kampus mengajar (MBKM).Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi pada semester genap 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi dari dosen selaku tim MBKM Program Studi dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi untuk menganalisis dan mengetahui minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab melalui program Kampus Mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat menjadi guru pada mahasiswa melalui program kampus mengajar sangat bervariasi. Berbagai persepsi yang di ungkapkan narasumber yaitu adanya minat menjadi guru dan memperkuat minat tersebut dengan berpartisipasi pada program kampus mengajar, timbulnya minat untuk menjadi guru seiring berjalannya program kampus mengajar, serta faktor – faktor yang mempengaruhi minat menjadi guru seperti faktor internal berupa pengalaman pribadi mahasiswa, banyaknya memperoleh ilmu tentang mengajar di sekolah, serta faktor eksternal berupa konversi 20 sks, insentif bagi mahasiswa, meningkatkan IKU bagi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Dari penelitian ini disarankan agar mahasiswa bisa memperkuat lagi minat untuk menjadi seorang guru serta memanfaatkan dan berpartisipasi pada program – program yang telah disediakan oleh pemerintah maupun intansi perguruan tinggi yang tentunya banyak memberikan manfaat baik bagi mahasiswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: MU'NISANA
Date Deposited: 12 Jul 2024 02:47
Last Modified: 12 Jul 2024 02:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66638

Actions (login required)

View Item View Item