Fonna, Intan Harika (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI SMA Negeri 12 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
Text
ABSTRAK Intan.pdf Download (346kB) |
|
Text
BAB I Intan.pdf Download (398kB) |
|
Text
BAB V Intan.pdf Download (351kB) |
|
Text
cover e skripsi Intan.pdf Download (449kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Intan.pdf Download (468kB) |
|
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (735kB) |
|
Text
Intan Harika Fonna.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Fonna, Intan Harika. 2024 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI SMA Negeri 12 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Heri Usmanto, S.d., M.Pd., (II) Priazki Hajri, M. Pd., Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Tingkat Tinggi, PPKn Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI SMA Negeri 12 Kota Jambi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran PPKn. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain true experimental design dengan rancangan posttest only control design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 12 Kota Jambi tahun ajaran 2023/2024. Poulasi dalam penelitian ini adalah kelas XI dan sampel penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel yaitu sebanyak 60. Teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksprimen yaitu 75,9% dengan kategori baik. Sedangkan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas kontrol yaitu 36,8% dengan kategori kurang yang artinya antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan, kemudian uji normalitas yang berdistribusi normal dan uji homogenitas yang mendaat hasil homogen. Selanjutnya dilakukan uji independent sample t test kemudian mendaat hasil Sig. (2-tailed) pada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sebesar 0,000 yang bearti nilai tersebut lebih kecil dari nilai ɑ = 0,05 jadi 0,000 < 0,05 oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga penerapan model pembelajaran problem based learning mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI SMA Negeri 12 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Berpikir Tingkat Tinggi, PPKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | FONNA |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:16 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66671 |
Actions (login required)
View Item |