Putri, Riska Dwi Rahma (2024) Strategi Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text (STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR)
Skripsi Riska Dwi Rahma Putri.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text (STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (93kB) |
![]() |
Text (STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR)
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
![]() |
Text (STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR)
BAB I.pdf - Published Version Download (158kB) |
![]() |
Text (STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR)
BAB V.pdf - Published Version Download (145kB) |
![]() |
Text (STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (215kB) |
![]() |
Text (STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR)
Abstrak.pdf - Published Version Download (196kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar di SDN 55/I Sridadi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru waki kelas IV B dan siswa kelas IV B di SDN 55/I Sridadi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memanfaatkan model analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan utama, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IV B di SD Negeri 55/I Sridadi melakukan strategi pembelajaran yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru menunjukkan komitmen yang tinggi dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung bagi siswa dengan menyediakan fasilitas, memfasilitasi kolaborasi antar siswa, dan melakukan asesmen diagnostik dengan cermat. Selain itu, guru menggunakan berbagai metode diferensiasi dalam pelaksanaan pembelajaran, termasuk diferensiasi konten, proses, dan produk, untuk memenuhi kebutuhan individual siswa. Penilaian formatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kemajuan siswa secara personal, sementara kolaborasi antara guru dalam mengevaluasi hasil penilaian siswa memperkuat upaya untuk mendukung perkembangan siswa secara menyeluruh. Ini menunjukkan komitmen guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan responsif, serta memastikan pencapaian tujuan pembelajaran bagi setiap siswa di kelas. This research aims to describe teachers' strategies for implementing differentiated learning in grade IV mathematics subjects in the independent elementary school curriculum at SDN 55/I Sridadi. This research was carried out in the even semester of the 2023/2024 academic year. This research is qualitative research with a phenomenological type. The subjects of this research were the principal, deputy teacher for class IV B and class IV B students at SDN 55/I Sridadi. This research uses data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. This research utilizes the Miles and Huberman data analysis model which consists of three main stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results showed that the class IV B teacher at SD Negeri 55/I Sridadi implemented a learning strategy consisting of planning, implementation and evaluation stages. Teachers demonstrate a high commitment to creating a supportive learning environment for students by providing facilities, facilitating collaboration between students, and conducting careful diagnostic assessments. In addition, teachers use various differentiation methods in implementing learning, including content, process and product differentiation, to meet students' individual needs. Formative assessments are used to gain a deeper understanding of individual student progress, while collaboration between teachers in evaluating student assessment results strengthens efforts to support overall student development. This shows the teacher's commitment to creating an inclusive and responsive learning environment, as well as ensuring the achievement of learning goals for every student in the class.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Pembelajaran Berdiferensiasi, Mata Pelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 04:36 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 04:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |