OPTIMALISASI PRODUKTIVITAS RANGKAIAN TRAIN LOAD STATION PADA PEMUATAN BATUBARA KE KERETA DI PT. ROYALTAMA MULIA KONTRAKTORINDO KABUPATEN MUARA ENIM SUMATERA SELATAN

Ferdiansyah, Imam (2024) OPTIMALISASI PRODUKTIVITAS RANGKAIAN TRAIN LOAD STATION PADA PEMUATAN BATUBARA KE KERETA DI PT. ROYALTAMA MULIA KONTRAKTORINDO KABUPATEN MUARA ENIM SUMATERA SELATAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (81kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

PT.RMKO (Royaltama Mulia Kontraktorindo) merupakan perusahaan bidang pertambangan yang bergerak di bidang service mining, bertempat di desa gunung megang, kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Saat ini PT. RMKO bekerja sama dengan PT. Truba Bara Banyu Enim dalam penyediaan stockpile dan jasa pengangkutan batubara ke pelabuhan musi dua. Akibat adanya larangan Pemerintah daerah Sumatera Selatan mengenai pengangkutan batubara di jalan raya, PT RMKO menjalin kerjasama dengan PT.KAI untuk pengangkutan batubara menggunakan kereta. Dalam prosedurnya PT. KAI memberikan waktu pengisian batubara ke dalam kontainer selama 120 menit. Namun, dalam aktualnya pengisian batubara ke dalam kontainer kereta memiliki rata rata 194 menit. Sehingga harus dilakukan kajian untuk melakukan peningkatan kinerja alat untuk dilakukan upaya peningkatan produktivitas dan kinerja alat. Setelah dilakukan pengamatan dan beberapa perhitungan pada alat rangkaian TLS di dapat masing masing produktivitas alat yaitu, pada alat mekanis Excavator Kobelco SK330 masing masing 448,43 dan 428,78 Tph. Produktivitas SC 8 dan SC 7 masing masing 733,01 dan 585 Tph. Produktivitas belt conveyor CY 3, CY2 dan CY 1 masing masing sebesar 1725,27 Tph, 1564 Tph dan 1586 Tph. Serta produktivitas train load station sebesar 2496,164 Tph. Namun hanya memiliki efisiensi kerja 62% dengan produksi aktual rata rata sebesar 871,14 Tph. Rangkaian TLS ini memiliki keserasian masing masing yaitu, alat mekanis dan reclaim feeder sebesar 0,58 dengan reclaim feeder tidak optimal, match factor antara reclaim feeder dan belt convayer masing masing 0,76, 0,84 dan 0,83, dengan indikasi belt convayer tidak maksimal. Sedangkan untuk TLS dan belt convayer memiliki keserasian sebesar 0,64 dengan indikasi TLS menunggu dan belt convayer bekerja penuh. Faktor faktor penghambat yang terjadi saat pengkajian terdapat beberapa faktor yaitu, masalah pada ukuran batubara dan adanya batu pack, yang menyumbang 55% hambatan dari total hambatan, bulldozer yang sering breakdoawn dan metode pendukung yang belum baik serta masalah masalah lain yang masing masing menyumbang 25% dan 20% dari total hambatan yang ada. Total waktu hambatan terjadi pada waktu pengkajian adalah sebesar 893,28 menit, setara dengan 22,38% dari waktu pemuatan ke kereta. Setelah dilakukan peningkatan dengan melakukan reduksi ukuran material dan peningkatan pengawasan serta meningkatkan ketersediaan bulldozer dan memperbaiki metode pendukungnya dan menambahkan penutup pada rangkaian belt conveyor dapat meningkatkan produksi yang mulanya 871,14 Tph menjadi 1257,37 Tph atau sama dengan waktu yang diperlukan pemuatan selama 133,61 menit. PT. RMKO (Royaltama Mulia Kontakindo) is a mining company operating in the mining service sector, located in Gunung Megang village, Muara Enim district, South Sumatra. Currently PT. RMKO collaborates with PT. Truba Bara Banyu Enim in providing stockpile and coal transportation services to Musi Dua port. As a result of the South Sumatra regional government's ban on transporting coal on roads, PT RMKO has collaborated with PT KAI to transport coal by train. In the procedure PT. KAI provides a time for filling coal into containers of 120 minutes. However, actually loading coal into train containers takes an average of 194 minutes. So studies must be carried out to improve tool performance to increase tool productivity and performance. After carrying out observations and several calculations on the TLS series of tools, the productivity of each tool was obtained, namely, on the Kobelco SK330 Excavator mechanical tool, respectively 448.43 and 428.78 Tph. The productivity of SC 8 and SC 7 is 733.01 and 585 Tph respectively. The productivity of the CY 3, CY2 and CY 1 conveyor belts is 1725.27 Tph, 1564 Tph and 1586 Tph respectively. And the train load station productivity is 2496,164 Tph. However, it only has work efficiency of 62% with actual average production of 871.14 Tph. This TLS series has its own compatibility, namely, the mechanical device and the reclaim feeder are 0.58 with the reclaim feeder not being optimal, the match factor between the reclaim feeder and the conveyer belt is 0.76, 0.84 and 0.83 respectively, with an indication of the conveyer belt not optimal. Meanwhile, TLS and the conveyer belt have a compatibility of 0.64 with an indication that the TLS is waiting and the conveyer belt is fully working. There were several inhibiting factors that occurred during the assessment, namely, problems with the size of the coal and the presence of rock packs, which contributed 55% of the total obstacles, bulldozers which often break down and supporting methods that were not good as well as other problems which each contributed 25% and 20% of the total existing obstacles. The total time that obstacles occurred during the assessment was 893.28 minutes, equivalent to 22.38% of the loading time on the train. After making improvements by reducing the size of the material and increasing supervision as well as increasing the availability of bulldozers and improving the supporting methods and adding covers to the conveyor belt series, production can be increased from 871.14 Tph to 1257.37 Tph or the same as the loading time required for 133,61 minutes.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Belt conveyor, Reclaim Feeder, Produktivitas, Train Load Station
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Pertambangan
Depositing User: FERDIANSYAH
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:20
Last Modified: 08 Jul 2024 02:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66704

Actions (login required)

View Item View Item