Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada materi KPK dan FPB melalui Model Pembelajaran PBL kelas IV MIs Mathaliul Huda

Hikmah, Isnaeni (2024) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada materi KPK dan FPB melalui Model Pembelajaran PBL kelas IV MIs Mathaliul Huda. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (388kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)
[img] Text
Full Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (82kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitiaan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV MIS Mathali’ul Huda pada mata pelajaran matematika materi KPK DAN FPB yang hasilnya masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, . Penelitian ini diperoleh dengan cara penelitian tindakan kelas. Dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Bbertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika pada materi KPK dan FPB. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV MIS Mathali’ul Huda dengan jumlah peserta didik 26 terdiri dari 11 anak laki-laki dn 15 anak perempuan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklusnya terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik penelitian menggunakan teknik observasi, tes evaluasi serta dokumentas dan metode penelitian deskriptif. Hasil peneitian menunjukkan bahwa penelitian model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematka pada materi KPK dan FPB, Data peningkatan kemampuan tersebut diperoleh berdasarkan atas nilai rata-rata pratindakan 40 , post tes siklus pertama 61 post tes siklus kedua 75,3. Persentasi siswa yang mendapat nilai di atas KKM pra tindakan 15 % atau 4 peserta didik, meningkat menjadi 46 % atau 12 peserta didik pada siklus pertama, dan pada siklus kedua mencapai 77 % atau 20 peserta didik.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, matematika, PBL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Isnaeni Hikmah
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:40
Last Modified: 08 Jul 2024 07:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66727

Actions (login required)

View Item View Item