Elwadinata, Frenco (2024) ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN BERAS DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. S2 thesis, Universitas Jambi.
Text
ABSTRAK.pdf Download (82kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (318kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (58kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (59kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (45kB) |
|
Text
Full Tesis_Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Beras di Kab. Tanjung Jabung Timur_Repository.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (663kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan saluran pemasaran beras, dan 2) Menganalisis efisiensi setiap saluran pemasaran beras Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Sampel penelitian ini terdiri dari petani dan pedagang beras dengan metode penarikan sampel petani padi menggunakan metode simple random sampling, dan pedagang beras menggunakan snowball sampling. Penelitian ini dilaksankaan di Kecamatan Geragai, dan Kecamatan Muara Sabak Timur, yang dilaksanakan dari Bulan Desember 2023 sampai Februari 2024, dengan fokus penelitian pada gambaran saluran pemasaran, margin pemasaran beras, farmer’s share, rasio input-output, dan rasio keuntungan terhadap biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 pola saluran pemasaran beras, dengan 4 lembaga pemasaran yang terlibat yakni petani, penggilingan padi (ricemilling) sekaligus sebagai pedagang pengumpul kecamatan, pedagang pengumpul kabupaten, dan pedagang pengecer. Seluruh lembaga pemasaran melakukan fungsi pertukaran, fungsi fisik, dan juga fungsi fasilitasi. Seluruh saluran pemasaran beras dikategorikan telah efisien. This study aims to: 1) Describe rice marketing channels, and 2) Analyze the efficiency of each rice marketing channel in East Tanjung Jabung Regency. The sample of this study consisted of farmers and rice traders with a sampling method of rice farmers using simple random sampling method, and rice traders using snowball sampling. This research was conducted in Geragai Sub-district and Muara Sabak Timur Sub-district from December 2023 to February 2024, with a research focus on the description of marketing channels, rice marketing margins, farmer's share, input-output ratio, and profit-to-cost ratio. The results showed that there are 5 patterns of rice marketing channels, with 4 marketing institutions involved, namely farmers, rice millers (rice milling) as well as sub-district collectors, district collectors, and retailers. All marketing institutions perform exchange functions, physical functions, and facilitation functions. All rice marketing channels are categorized as efficient.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Beras, Efisiensi, Saluran pemasaran. |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Agribisnis |
Depositing User: | Frenco Elwadinata |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 04:21 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 04:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66775 |
Actions (login required)
View Item |