NURZANNAH, IXE PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DISEKOLAH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DISEKOLAH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI.
Text
COVER.docx Download (47kB) |
||
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (306kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI, TABEL, BAGAN DAN LAMPIRAN.pdf Download (37kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (32kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurzannah Ixe. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Disiplin Belajar Siswa Di Sekolah Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Skripsi. Program studi pendidikan sejarah. Jurusan PIPS FKIP universitas jambi. Pembimbing: (I) Bapak Drs. Budi Purnomo, M.Hum. M.Pd, (II) Ibu Reka Seprina, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Model Pembelajaran Jigsaw Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya disiplin belajar siswa SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Hal ini dikarenakan dominannya proses pembelajaran langsung. Pembelajaran siswa menjadi pasif. Dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw dapat melibatkan siswa secara aktif dan siswa dapat bertanggung jawab atas pembelajarannya sendiri dalam proses pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui disiplin belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Muaro Jambi yang mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang di berikan perlakuan berbeda. Setelah hasil pos-tes diperoleh.Data dianalisis untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t satu arah. Berdasarkan hasil pos-test terhadap sampel, hasil penelitian menunjukkan rata Rata-rata data nilai belajar sejarah siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw yaitu 56,6666 dengan simpangan baku 12,27 lebih baik dari pada rata-rata data nilai belajar sejarah siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensinal yaitu 46,4285 dengan simpangan baku 14,07 pada pokok bahasan kolonialisme dan imperialisme di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Pengujian hipotesis di peroleh skor thitung 1,781530 dan skori ttabel 1,6704 dengan demikian skor thitung> ttabel (1,781530 > 1,6704) berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Jigsaw terhadap disiplin belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | IXE NURZANNAH |
Date Deposited: | 17 Jan 2019 02:07 |
Last Modified: | 17 Jan 2019 02:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6686 |
Actions (login required)
View Item |