PENGARUH BULLYING VERBAL TERHADAP KECEMASAN SOSIAL SISWA DI SMAN 1 KOTA SUNGAI PENUH

Alvaro Rendi, Van Dika (2024) PENGARUH BULLYING VERBAL TERHADAP KECEMASAN SOSIAL SISWA DI SMAN 1 KOTA SUNGAI PENUH. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (78kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (591kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Individu yang mengalami bullying verbal akan memiliki sensitivitas biologis yang lebih tinggi terhadap faktor-faktor lingkungan yang menimbulkan kecemasan, seperti pengabaian, penolakan, atau ancaman. Bullying adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar dan disengaja dengan maksud untuk menyakiti, menginduksi rasa takut melalui ancaman dan agresi lebih lanjut untuk menciptakan teror. Tindakan bullying yang sangat mudah dijumpai pada kalangan remaja yaitu bullying verbal. Siswa yang diganggu dan ditindas (korban bullying) oleh orang lain ditemukan memiliki tingkat kecemasannya lebih tinggi dibanding siswa yang tidak terlibat dalam bullying. Bullying verbal dalam jangka waktu yang lama memungkinkan individu untuk mengalami perubahan biologis yang dapat memperkuat respons kecemasan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh bullying verbal terhadap kecemasan sosial pada individu di SMAN 1 Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eks-post facto. Populasi pada penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Kota Sungai Penuh. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket/kuesioner yang di uji melalui uji validitas dan uji reabilitas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 115 siswa. Data dianalisis menggunakan teknik persentase, formula c, uji normalitas, uji linearitas, serta analisis regresi sederhana yang dibantu program spss versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum bullying verbal berada pada klasifikasi tingkat “sedang” dengan persentase 57,6% dan kecemasan sosial berada pada klasifikasi tingkat “tinggi” dengan persentase 61,7%. Koefisien determinasi yang dimiliki variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 0.453 dengan tafsiran pengaruh determinasi “cukup kuat” atau dengan persentase 45,3%, artinya bahwa meskipun pengaruh variabel X terhadap Y tidak besar, tetapi masih terdapat pengaruh yang konsisten. Sebesar 45,3% dianggap sebagai pengaruh yang rendah dalam konteks analisis statistik, tetapi jika konsisten dan dapat diandalkan, pengaruh ini masih dapat dianggap sebagai kontribusi yang signifikan dalam menjelaskan variasi dalam variabel Y. Hendaknya guru/pihak sekolah dapat membantu siswa mengatasi dampak negatif dari bullying verbal dan kecemasan sosial, serta memberikan mereka dukungan yang diperlukan untuk perkembangannya. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk memperhatikan keragaman konteks dan karakteristik siswa dalam penelitian ini agar hasil lebih representatif dan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam terkait pengaruh bullying verbal terhadap kecemasan sosial di berbagai situasi pendidikan. Kata Kunci: Bullying Verbal, Kecemasan Sosial Individuals who experience verbal bullying will have a higher biological sensitivity to anxiety-provoking environmental factors, such as neglect, rejection or threats. Bullying is a conscious and deliberate activity with the intent to harm, induce fear through threats and further aggression to create terror. An act of bullying that is very easy to find among teenagers is verbal bullying. Students who are bullied and bullied (victims of bullying) by others are found to have higher levels of anxiety than students who are not involved in bullying. Verbal bullying over a long period of time allows individuals to experience biological changes that can amplify their anxiety response. This study aims to reveal the effect of verbal bullying on social anxiety in individuals at SMAN 1 Kota Sungai Penuh. This type of research is quantitative with an ex-post facto approach. The population in this study included all students of class XI SMAN 1 Kota Sungai Penuh. The data collection technique is using a questionnaire that is tested through validity and reliability tests. The sampling technique used purposive sampling with a sample size of 115 students. The data were analyzed using percentage techniques, formula c, normality test, linearity test, and simple regression analysis assisted by the spss version 16 program. The results showed that in general verbal bullying was at a "moderate" level classification with a percentage of 57.6% and social anxiety was at a "high" level classification with a percentage of 61.7%. The coefficient of determination that variable X has on variable Y is 0.453 with the interpretation of the effect of determination "strong enough" or with a percentage of 45.3%, meaning that although the influence of variable X on Y is not large, there is still a consistent influence. As much as 45.3% is considered a low influence in the context of statistical analysis, but if it is consistent and reliable, this influence can still be considered a significant contribution in explaining variations in the Y variable. Teachers/schools should be able to help students overcome the negative impact of verbal bullying and social anxiety, and provide them with the necessary support for their development. Future researchers are expected to pay attention to the diversity of contexts and student characteristics in this study so that the results are more representative and can provide deeper insights into the influence of verbal bullying on social anxiety in various educational situations. Keywords: Verbal Bullying, Social Anxiety

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bullying Verbal, Kecemasan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: DIKA
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:41
Last Modified: 09 Jul 2024 02:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66922

Actions (login required)

View Item View Item