PENGARUH KONSENTRASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Maharani, Silva (2024) PENGARUH KONSENTRASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (Pengaruh Konsentrasi dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar)
Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Pengaruh Konsentrasi dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (9kB)
[img] Text (Pengaruh Konsentrasi dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar)
cover.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (Pengaruh Konsentrasi dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar)
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf - Published Version

Download (712kB)
[img] Text (Pengaruh Konsentrasi dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar)
BAB I.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (Pengaruh Konsentrasi dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar)
BAB V.pdf - Published Version

Download (13kB)
[img] Text (Pengaruh Konsentrasi dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (31kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/5

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13/I Rengas Condong. Metode penelitian kuantitatif (ex post facto) dan teknik purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti, dengan teknik pengambilan data berupa instrumen angket. Hasil penelitian menjelaskan: 1) hasil uji parsial X1 terhadap Y didapati thitung > ttabel yaitu 5,297 > 2,086 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan persentase 58,4% (kategori moderat); 2) hasil uji parsial X2 terhadap Y didapati thitung > ttabel yaitu 5,409 > 2,086 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan persentase 59,4% (kategori moderat); 3) hasil uji simultan X1 dan X2 terhadap Y didapati Fhitung > Ftabel yaitu 19,917 > 3,522 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan persentase 67,7% (kategori moderat). Hasil uji hipotesis dari penelitian ini mengungkapkan konsentrasi dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas IV SDN 13/I Rengas Condong. ABSTRACT The aim of this research is to determine the effect of concentration and interest in learning on student learning outcomes in Mathematics learning in class IV of Rengas Condong 13/I State Elementary School. Quantitative research methods (ex post facto) and purposive sampling techniques are the sampling techniques used by researchers, with data collection techniques in the form of questionnaire instruments. The research results explain: 1) the partial test results of X1 against Y found tcount > ttable, namely 5.297 > 2.086 and the Sig value 0.000 < 0.05 with a percentage of 58.4% (moderate category); 2) the partial test results of X2 against Y found tcount > ttable, namely 5.409 > 2.086 and the Sig value 0.000 < 0.05 with a percentage of 59.4% (moderate category); 3) the results of the simultaneous test X1 and X2 againts Y ound that Fcount > Ftable, namely 19.917 > 3.522 and the Sig value 0.000 < 0.05 with a percentage of 67.7% (moderate category). The results of hypothesis testing from this research reveal that concentration and interest in learning influence student learning outcomes in Mathematics learning in class IV SDN 13/I Rengas Condong.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: konsentrasi belajar, minat belajar, hasil belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: MAHARANI
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:25
Last Modified: 10 Jul 2024 04:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66942

Actions (login required)

View Item View Item