PENGEMBANGAN PERMAINAN MUSIK ANSAMBEL BERBASIS BUDAYA DAERAH JAMBI UNTUK SEKOLAH DASAR

Pratama, Muhammad Riyan (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN MUSIK ANSAMBEL BERBASIS BUDAYA DAERAH JAMBI UNTUK SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Magister Pendidikan Dasar.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
JUDUL.pdf

Download (23kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN PEMBIMBING RIAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
FULL TESIS.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aransemen dengan mendeskripsikan mengembangkan produk, mengetahui tingkat validitas, tingkat kepraktisan, serta menyajikan permainan musik ansambel berbasis budaya daerah Jambi untuk sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 64/I Muara Bulian. Penelitian pengembangan menggunakan model 4D (four-D), subjek uji coba dalam penelitian ini siswa kelas lima berjumlah 19 siswa. Hasil penelitian yaitu pertama proses mengembangkan pembelajaran seni musik berbasis budaya daerah Jambi melalui empat tahapan yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Produk pengembangan dibuat prototype partitur notasi musik dengan menggunakan aplikasi Sibelius Ultimate dan diekstrak ke aplikasi FL Studio untuk membuat audio MP3. Tingkat kevaliditas produk pembelajaran sebagai berikut, kelayakan aspek materi dengan rata-rata 5 termasuk dalam kategori sangat valid, aspek pembelajaran dengan rata-rata 4,6 termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan tingkat kepraktisan sebagai berikut, hasil respon guru dengan rata- rata 4,7termasuk dalam kategori sangat praktis, serta hasil respon siswa mendapat rata-rata 4,58 termasuk katergori sangat praktis. Pembelajaran seni musik ansambel berbasis budaya daerah Jambi di sekolah dasar sangat penting untuk dikembangkan karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan siswa yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi dan berkreasi, serta dengan menggunakan metode aransemen dapat melatih kemampuan, bakat, perkembangan kreativitas, serta meningkatkan minat dan apresiasi siswa terhadap warisan budaya. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Pengembangan Permainan Musik Ansambel Berbasis Budaya Daerah Jambi Untuk Sekolah Dasar layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran seni musik di sekolah dasar.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Muhammad Riyan Pratama
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:40
Last Modified: 17 Jul 2024 04:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67091

Actions (login required)

View Item View Item