Pengaruh Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Di Kelompok B2 Tk Rizani Putra

Mazaya, Zea (2024) Pengaruh Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Di Kelompok B2 Tk Rizani Putra. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (15kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa anak pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung kemampuan mengenal konsep bilangan beberapa anak belum terlihat berkembang dengan baik. Terlihat pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung ada beberapa anak masih mengalami kesulitan yang dimana anak acap kali melompat bilangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh permainan bowling terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling Purposive, dengan jumlah sampel 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan teknik uji instrumen menggunakan uji validitas. Uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis yang menggunakan uji t, merupakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai skor pre-test dan post-test, dimana hasil pre-test yang diperoleh 5,53 dan post-test 9,53. Hasil tersebut didasarkan dari analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t test (uji t). Analisis ini diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan permainan bowling terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B2 di TK Rizani Putra tahun ajaran 2023/2024. This study is motivated by the results of observations of researchers in the field which show that children during learning activities take place the ability to recognize the concept of numbers some children have not seen well developed. It can be seen that during learning activities, some children still have difficulties where children often jump their numbers. This study aims to determine the effect of bowling games on the ability to recognize number concepts in children aged 5-6 years. This type of research is quantitative research using experimental methods. The design used is Pre-Experimental Design with the form of One Group Pretest Posttest Design. The sampling technique used was Purposive Sampling, with a sample size of 15 children. The data collection technique used is observation and the instrument test technique uses a validity test. Normality test, homogeneity test, hypothesis testing using t test, are data analysis techniques used in this study. The results of the study prove that the pre-test and post-test scores, where the pre-test results obtained were 5.53 and post-test 9.53. These results are based on data analysis that has been carried out using the paired sample t test (t test). This analysis obtained a sig value (2-tailed) of 0.000 <0.05, so Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion from the results of this study is that there is a significant effect on the application of bowling games on the ability to recognize number concepts in group B2 children at Rizani Putra Kindergarten in the 2023/2024 school year.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Permainan bowling,Mengenal konsep bilangan,Kelompok B2
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: MAZAYA
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:39
Last Modified: 12 Jul 2024 03:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67236

Actions (login required)

View Item View Item