Suryadi, Dwi (2024) PENGEMBANGAN EVALUASI SUMATIF BERBASIS QUIZIZZ MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS III SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
DWI SURYADI_A1D120169.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan Halaman Pengesahan.pdf Download (743kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (463kB) |
Abstract
Suryadi, Dwi. 2024. Pengembangan Evaluasi Sumatif Berbasis Quizizz Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd. (II) Violita Zahyuni, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Evaluasi Sumatif, Quizizz, Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan, tingkat validitas, dan tingkat kepraktisan produk terhadap evaluasi sumatif berbasis Quiziz materi perubahan wujud benda di kelas III sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 55/1 Sridadi yang berlokasi di Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian dan pengembangan (development research) yang menggunakan dua model dalam penelitian pengembangan yaitu 4D dan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan evaluasi sumatif berbasis Quizizz pada materi perubahan wujud benda di kelas III Sekolah Dasar yang memberikan hasil yang positif dengan kriteria sangat baik. Hasil ini dapat dilihat pada tingkat validitas yang pertama ahli materi mencapai persentase 95% dengan kriteria sangat baik. Kedua, hasil penilaian ahli media mencapai persentase 96,4% dengan kriteria sangat baik. Ketiga, hasil penilaian ahli bahasa mencapai 83,3% dengan kriteria sangat baik. Keempat, respon peserta didik dengan persentase 88,3% di kriteria sangat baik. Penggunaan Quizizz yang dikembangkan sudah melalui uji kelompok kecil dan uji kelompok besar untuk melihat respon peserta didik mencapai hasil 97,31% yang termasuk kriteria sangat baik. Berdasarkan tingkat kepraktisan pada Quizizz, alat ini menjadi pilihan populer di kalangan pendidik untuk meningkatkan interaktivitas dan efektivitas pembelajaran di kelas. Peserta didik menunjukkan peningkatan pemahaman dan nilai setelah menggunakan Quizizz. Selain itu, guru merasa terbantu dengan fitur-fitur Quizizz yang mempermudah proses pembuatan dan analisis soal evaluasi Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang mendalam dan akurat terkait Pengembangan Evaluasi Sumatif Berbasis Quizizz Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas III Sekolah Dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | SURYADI |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 07:47 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 07:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67287 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |