Pengaruh Layanan Penempatan Dan Penyaluran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Tanjung Jabung Timur

zaki, nofri (2018) Pengaruh Layanan Penempatan Dan Penyaluran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Tanjung Jabung Timur. artikel. (Unpublished)

[img] Text
JURNAL JADI ARTIKEL-compressed.pdf

Download (626kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
img012.pdf

Download (371kB)

Abstract

ABSTRAK Nofri Zaki, 2018. Pengaruh Layanan Penempatan Dan Penyaluran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Tanjung Jabung Timur Dosen Pembimbing (1) Drs. Asradi, M.M dan (2) Drs. Joni Afri, M. Pd. Prestasi belajar merupakan nilai yang diperoleh siswa terhadap sejumlah mata pelajaran yang telah tertera pada buku rapor siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh layanan penempatan penyaluran terhadap prestasi belajar siswa. Sebuah penelitian eksperimen dengan rancangan pretest and posttest digunakan untuk menguji apakah layanan penempatan dan penyaluran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa menjadi lebih tinggi. Masing-masing kelompok terdiri dari kelas X IPA1 sebanyak 36 siswa dan Kelas X IPA2 sebanyak 36 siswa. Layanan penempatan dan penyaluran kelompok eksperimen diadakan selama lima kali pertemuan. Data tentang prestasi belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan menggunakan Uji t dengan bantuan SPSS versi 20. Temuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Tanjung Jabung Timur, (2) mendeskripsikan pengaruh layanan penempatan dan penyaluran terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Tanjung Jabung Timur.. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar dapat ditingkatkan melalui layanan penempatan dan penyaluran. Penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya meningkatkan frekuensi penggunaan layanan penempatan dan penyaluran di sekolah yang disertai dengan adanya pengawasan dari guru dan konselor sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Perlu dilakukan penelitan yang serupa akan tetapi dilatarbelakangi oleh konteks yang berbeda agar dapat membandingkan temuan dari hasil penelitian ini.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NOFRI ZAKI
Date Deposited: 21 Jan 2019 04:13
Last Modified: 21 Jan 2019 04:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6732

Actions (login required)

View Item View Item