PENGARUH MOTIVASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI TKJ SMK N 1 MUARO JAMBI

hazima, jambi PENGARUH MOTIVASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI TKJ SMK N 1 MUARO JAMBI. universitas jambi. (In Press)

[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (45kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Hazima. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar Kewirausahaan dan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Muaro Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. H. Ekawarna, M.Psi, Pembimbing II Rosmiati.S.Pd,M.Pd. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil Belajar. Hasil Belajar Merupakan perubahan tingkah laku pada diri siswa, yang dapat diamati dan diukur dalam bentuk perubahan pengetahuan sikap dan keterampilan. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Muaro Jambi dianggap kurang mencapai yang diharapkan. Salah satu faktor penyebabnya adalah dikarenakan rendahnya motivasi belajar kewirausahaan, selain itu persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru siswa juga masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh motivasi belajar kewirausahaan terhadap hasil belajar siswa. (2) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa. (3) pengaruh motivasi belajar kewirausahaan dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa . Dalam penelitian metode digunakan bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Muaro Jambi. Data diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Muaro Jambi. Populasi siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Muaro Jambi berjumlah 96 siswa. Instrumen digunakan dalam pengambilan data penelitian berupa kuesioner yang berisikan 30 item untuk variabel X1 dan 39 item untuk variabel X2. Untuk variabel hasil belajar diambil nilai ulangan harian mata pelajaran Kewirausahaan kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Muaro Jambi tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan hasil pengujian hipotesis pertama, pengaruh motivasi belajar kewirausahaan (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y) terdapat pengaruh yang signifikan, sedangkan jawaban hipotesis kedua, pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru (X2) terhadap hasil belajar (Y) terdapat pengaruh signifikan, selanjutnya untuk menjawab hipotesis ketiga, dilakukan pengujian secara bersama-sama yakni pengaruh motivasi belajar kewirausahaan (X1) dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) terdapat pengaruh yang signifikan Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi guru dan siswa agar dapat meningkatkan motivasi belajar kewirausahaan dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadapa hasil belajar siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HAZIMA
Date Deposited: 18 Jan 2019 04:10
Last Modified: 18 Jan 2019 04:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6733

Actions (login required)

View Item View Item