UPAYA MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMK NEGERI 2 KOTA JAMBI

SILABAN, DESY NATALIA (2018) UPAYA MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMK NEGERI 2 KOTA JAMBI. Interaksi sosial dan Bimbingan kelompok. (Unpublished)

[img] Text
COVER.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (675kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (64kB)

Abstract

Judul : Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMK Negeri 2 Kota Jambi Nama : Desy Natalia Silaban NIM : RRA1E113029 Pembimbing : 1. Drs. Nelyahardi, M.Pd 2. Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara siswa dengan siswa, itu baru akan terjadi apabila orang-perorangan atau kelompok-kelompok manusia bekerja sama, saling berbicara, dan seterusnya untuk mencapai tujuan bersama. Karena interaksi sosial tersebut berpengaruh terhadap hubungan sosial siswa. Layanan bimbingan kelompok merupakan proses bantuan yang diberikan oleh guru pembimbing kepada siswa yang memiliki masalah melalui dinamika kelompok. Layanan bimbingan kelompok sendiri dapat digunakan sebagai salah satu media untuk meningkatkan interaksi sosial siswa. Penelitian ini didasari dengan banyaknya fenomena siswa yang hubungan sosial antar siswa tidak terlaksanakan di karenakan kurangnya interaksi sosial. Selain itu, penelitian ini juga didasari oleh salah satu tujuan pelaksanaan bimbingan kelompok yaitu mampu berinteraksi antar siswa untuk mencapai dinamika kelompok, dan meningkatkan hubungan sosial siswa dengan siswa lainnya. Tekhnik yang digunakan dalam layanan ini adalah tekhnik brainstorming atau yang biasa disebut tekhnik curah pendapat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan layanan (PTL). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang memiliki interaksi sosial yg tidak terlaksana yaitu 8 orang siswa yang diambil berdasarkan rekomendasi guru pembimbing dan wali kelas, dan menggunakan analisis dari Sosiometri dan sosiogram. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru bimbingan dan konseling. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Lembar observasi yang digunakan untuk menilai proses tindakan berjumlah 13 pernyataan dan lembar observasi yang digunakan untuk menilai hasil tindakan berjumlah 17 pernyataan. Hasil penelitian setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok pada siklus I pertemuan 1 berada ditingkatan rendah (40,28%) dan mengalami peningkatan yang lebih pada siklus I pertemuan 2 yaitu berada di taraf sedang (54,06%) mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II pertemuan 1 yaitu berada di taraf lumayan tinggi (76,65%) dan mengalami peningkatan yang lebih signifikan pada siklus II pertemuan 2 yaitu berada di taraf relatif tinggi (90,16%). Implikasi dengan BK dalam penelitian ini adalah guru pembimbing dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan tambahan untuk melaksanakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan masalah siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DESY NATALIA SILABAN
Date Deposited: 18 Jan 2019 07:37
Last Modified: 18 Jan 2019 07:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6737

Actions (login required)

View Item View Item