Alsafa Anhar, Bangun (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS CANVA PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN DAN TIK. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
cover..pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
Skripsi..pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (146kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dalam Mata Kuliah Media Pembelajaran dan TIK pada Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. Yaitu berupa E-modul berbasis Canva. Penelitian ini berdasarkan pada kurangnya inovasi serta interaktifnya bahan ajar yang digunakan pada mata kuliah tersebut. Temuan tersebut juga didukung dengan angket analisis kebutuhan mahasiswa yang menunjukan adanya kebutuhan akan bahan ajar yang interaktif, multimedia, dan berkualitas tinggi dalam bentuk e-modul untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa pada mata kuliah Media Pembelajaran dan TIK. Penggunaan e-modul berbasis canva dapat mendukung peserta didik dalam belajar secara independen, sehingga memudahkan pekerjaan tenaga pendidik sarta peserta didik untuk mencapai kompetensinya. Pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran dapat memberikan bantuan guru dalam membuat materi pembelajaran dengan lebih mudah dan menghemat waktu, serta membantu pendidik menyampaikan materi pembelajaran dengan lebih mudah. Media Canva juga semakin mempermudah peserta didik mempelajari materi pembelajaran karena dapat menampilkan teks, video, animasi, suara, gambar, grafik, dan lainnya sesuai dengan bentuk yang diinginkan dan membuat peserta didik fokus pada pembelajaran yang berlangsung karena visualisasi yang menarik. Penelitian ini merupakan penelitian R&D menggunakan pendekatan ADDIE menurut model Lee & Owens (2004), yang dilakukan di Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. Subjeck ujicoba adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2023 kelas R002. Data penelitian diperoleh dengan angket validasi ahli materi dan ahli media yang diisi oleh para ahli. Serta angket persepsi mahasiswa yang disebarkan pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2023 kelas R002. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus rata�rata dan persentase. Hasil pengembangan menunjukan E-modul berbasis Canva dalam mata kuliah media pembelajaran dan TIK telah dinilai "Sangat Layak" setelah melalui validasi dari ahli materi dengan persentase 92,9% dan ahli media dengan persentase 93,3%. Selain itu, Persepsi mahasiswa menunjukkan evaluasi "sangat baik" dengan persentase 85,7% terhadap produk yang dikembangkan. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat layak secara konseptual dan prosedural sebagai media ajar dalam perkuliahan media pembelajaran dan TIK.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-modul, Canva, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ANHAR |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 06:52 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67376 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |